Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia

- Rabu, 22 September 2021 | 13:00 WIB
Dampak perubahan iklim untuk kehidupan manusia (Sumber gambar: Sciencenews.org)
Dampak perubahan iklim untuk kehidupan manusia (Sumber gambar: Sciencenews.org)

HARIANHALUAN.COM - Perubahan iklim saat ini telah menjadi isu global. Sebab, dampak yang dirasakan sangat besar. Mulai dari cuaca yang tidak menentu, bencana alam, krisis energi di masa depan, dan lain-lain. Dilansir melalui harianhaluan.com, beberapa faktor penyebab perubahan iklim diantaranya efek rumah kaca, peningkatan emisi, pemanasan global, perubahan orbit bumi, kendaraan bermotor, tempat pembuangan sampah, dan CFC kulkas dan aerosol.

Melihat faktor penyebab perubahan iklim, dominan diakibatkan oleh aktivitas manusia. Meski sejatinya, manusia menjadi kelompok yang rentan dalam menghadapi dampak dari perubahan iklim. Apa saja dampak perubahan iklim terhadap kehidupan manusia? Dilansir melalui beberapa sumber, berikut penjelasannya:

Krisis Sumberdaya Alam dan Daya Dukung Lingkungan

Perubahan lingkungan dapat memengaruhi kuantitas dan kualitas sumberdaya alam. Hal tersebut tentu saja dapat mengganggu kehidupan manusia. Sebab, kehidupan manusia sejatinya ditopang oleh daya dukung lingkungan di sekitar mereka. Beberapa krisis sumberdaya yang akan dialami manusia akibat perubahan iklim antara lain:

  • Menurunnya Kualitas dan Kuantitas Air

Tingginya curah hujan yang diakibatkan oleh perubahan iklim, dapat memicu berkurangnya kualitas air. Selain itu, kenaikan suhu juga dapat berdampak pada meningkatnya kadar klorin di dalam air, yang berpotensi merusak sel-sel di dalam tubuh.

Alih-alih menjadi sumber air bersih untuk makhluk hidup, curah hujan yang tinggi tersebut berpotensi untuk langsung kembali ke laut. Sehingga sumber air bersih tidak bertambah, meski curah hujan tinggi. Sebaliknya, curah hujan yang tidak terkendali, dapat memicu bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

  • Menurunnya Kualitas dan Kuantitas Hutan

Hutan berperan penting dalam meminimalisir perubahan iklim. Sebab, pohon-pohon di dalamnya dapat menyerap emisi zat karbon dari aktivitas industrial. Namun, perubahan iklim dapat memicu terjadinya kebakaran hutan.

Sehingga, hutan yang semula menjadi kawasan menyerap zat karbon, malah menjadi penghasil karbon, akibat kebakaran yang terjadi. Jika hal tersebut tidak ditanggulangi, maka kehidupan manusia akan terancam akibat perubahan iklim.

Meningkatkan Wabah Penyakit

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: kompas.com, harianhaluan.com, pikiranrakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Waspada! Osteoporosis Intai Perempuan Mulai Usia 30-an

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:21 WIB

6 Cara Mudah Kreasikan Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Fakta Tentang Pengumuman Resmi Rekrutmen KAI 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:28 WIB

Terpopuler

X