7 Dampak Positif Saat Menyelenggarakan Car Free Day

- Rabu, 22 September 2021 | 15:52 WIB
Car Free Day
Car Free Day

Pernahkah kamu datang ke CFD atau Car Free Day?

Awal mulanya, Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor diadakan setiap tanggal 22 September. Adanya hari bebas kendaraan bermotor dilakukan untuk mengurangi tingkat polusi udara dengan cara membebaskan kendaraan bermotor selama 1 hari.

Dari adanya peringatan tersebut, kota-kota di dunia termasuk Indonesia sering mengadakan Car Free Day yang biasanya rutin diadakan setiap hari Minggu.

Dengan menyelenggarakan Car Free Day ternyata mendatangkan banyak manfaat baik yang bagus untuk kesehatan manusia dan juga lingkungan. Apa saja manfaat tersebut? Langsung saja simak ulasan di bawah ini ya!

1. Mengurangi Tingkat Polusi Udara Sebanyak 78%
Hasil dari penelitian dan temuan dari Texas A&M University mengungkapkan bahwa, emisi yang dihasilkan dari buangan gas kendaraan bermotor akan menyumbang sebanyak 90% polusi udara. Jika dalam sehari sebuah kota mengadakan hari bebas kendaraan bermotor, maka akan mengurangi polusi udara antara 20 hingga 78%.

2. Mengurai Kemacetan
Kemacetan menjadi salah satu pemandangan yang sering kali kita dijumpai, apalagi saat berada di kota-kota besar. Macet terjadi karena banyaknya jumlah kendaraan yang masuk sedangkan ketersediaan jalanan tidak bertambah. Selain itu, kurangnya penggunaan transportasi umum juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan kemacetan. Maka dari itu, manfaat dari adanya CFD adalah untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

Baca Juga: Inspiratif! Bocah 4 Tahun Penjual Tisu Bantu Ambulans Lolos Dari Kemacetan di Bandung

3. Meminimalisir Polusi Suara
Polusi suara ternyata bisa timbul akibat kemacetan yang sulit terurai. Karena ketika sedang berada di tengah kemacetan, tidak sedikit orang yang bisa menahan emosinya sehingga terjadi suara bising dari klakson.

Namun dengan menyelenggarakan CFD, akan membuat jalanan tenang sehingga tidak menimbulkan polusi suara yang akan membuat orang menjadi stres atau kehilangan konsentrasinya.

4. Interaksi Sosial Antar Masyarakat Lebih Terjalin
Selain bermanfaat untuk lingkungan, adanya CFD juga dapat menumbuhkan interaksi sosial antar masyarakat. Berdasarkan jurnal Entrepreneurship in Car Free Day yang ditulis oleh Suka Irdiana mengungkapkan bahwa pengunjung merasa lebih senang bisa berkumpul bersama dengan teman dan keluarga ketika sedang mengikuti CFD.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: idntimes.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Intip Kecanggihan Toyota Avanza Veloz Terbaru

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:10 WIB

4 Manfaat Eye Cream, Dapat Cegah Kerutan di Area Mata

Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:05 WIB

Bakal Ganti Nama, Ada Apa dengan Facebook?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB

5 Zodiak Ini Dikenal Paling Pemalas, Kamu Termasuk?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 04:05 WIB
X