Bantu Bumi Lebih Sehat Melalui World Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor)

- Rabu, 22 September 2021 | 16:53 WIB
World Car Free Day untuk Bumi Lebih Bersih
World Car Free Day untuk Bumi Lebih Bersih

Setiap tanggal 22 September, seluruh dunia memperingati Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau World Car Free Day. Alasan mengapa diperingati hari tersebut diawali dengan banyaknya warga yang menentang para pengendara bermotor karena dianggap merusak keindahan kota. Selain itu, hari bebas kendaraan bermotor juga dilakukan untuk mengurangi polusi udara di dunia.

Asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor menghasilkan emisi karbon atau atau pelepasan sejumlah gas seperti karbon dioksida, karbon monoksida, serta metana. Gas-gas yang dikeluarkan tersebut akan menyebabkan efek rumah kaca sehingga memicu adanya pemanasan global dan perubahan iklim.

Pentingnya CFD Bagi Kesehatan Bumi
Salah satu penyebab terbesar terjadinya polusi udara adalah asap dari kendaraan bermotor. Melihat kondisi bumi yang sudah dipenuhi oleh asap kendaraan ini, kegiatan CFD sudah mulai digelar di benua Eropa dan negara-negara bagian lainnya.

Selama mengikuti CFD, jalanan-jalanan di perkotaan dibebaskan dari kendaraan bermotor dan diisi oleh kegiatan lain seperti berkuda, berlari, hingga bertamasya di jalanan. Lalu di awal tahun 2007, CFD sudah mulai berkembang ke-35 negara di dunia salah satunya Indonesia.

Dari kegiatan CFD yang dilakukan di beberapa kota di dunia menunjukkan adanya hasil yang cukup baik bagi bumi. Merangkum dari situs resmi Guardian mengatakan bahwa terdapat penurunan gas polutan berupa nitrogen dioksida di Paris sebesar 7% ketika sedang melangsungkan CFD. selain itu, penurunan gas tersebut juga terjadi di London yakin sebesar 60% setelah diterapkannya CFD.

Hasil penemuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan membebaskan kendaraan bermotor selama satu hari mampu menurunkan jumlah kadar gas nitrogen dioksida yang dilepas ke bumi. Dengan kata lain, kegiatan CFD bisa membuat bumi lebih sehat dan juga bersih.

Baca Juga: Waspada!! Hasil Studi Sebut Polusi Udara Bisa Merusak Memori Ingatan

Dampak Positif CFD Bagi Manusia
Walau awalnya CFD dilakukan untuk membuat bumi lebih bersih, ternyata kegiatan CFD memiliki dampak positif bagi manusia.

1. Membuat Tubuh Lebih Sehat
Banyak sekali orang yang mengaku bahwa mereka lebih semangat berolahraga ketika sedang berada di ajang Car Free Day (CFD). Karena di dalam CFD, kamu terpaksa untuk menggerakkan tubuh walau hanya berjalan kaki saja.

Selain itu, banyak sekali kegiatan olahraga yang diadakan ketika sedang CFD seperti senam pagi, zumba, bermain sepatu roda, skate board, dan yang lainnya.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: femina.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Terpopuler

X