Penting! 5 Manfaat Car Free Day Demi Menjaga Lingkungan Hidup

- Rabu, 22 September 2021 | 17:59 WIB
World Car Free Day untuk Bumi Lebih Bersih
World Car Free Day untuk Bumi Lebih Bersih

Pernahkah kamu Datang Ke Acara Car Free Day?

Awal mulanya Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor adalah sebuah peringatan yang biasa dilaksanakan setiap tanggal 22 September. Pada hari tersebut, kota-kota yang tersebar di seluruh negara membebaskan kendaraan bermotor selama 1 hari demi mengurangi tingkat polusi udara.

Setelah berjalan cukup lama, ternyata dengan penerapan Car Free Day yang dilakukan 1 hari ini mampu menurunkan kadar polusi udara di bumi sekitar 75%. Dengan adanya hasil yang baik tersebut, saat ini sudah banyak kota-kota termasuk kota di Indonesia yang menyelenggarakan CFD pada setiap hari minggu.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day ini menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup. Lalu apa saja manfaat dari CFD? Simaklah ulasan berikut ini!

Manfaat Car Free Day Bagi Lingkungan Hidup

1. Sebagai Upaya untuk Menyelamatkan Bumi
CFD pertama kali diadakan di tahun 2002 pada setiap akhir bulan. Namun karena dirasa hal ini sangat penting bagi bumi, kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari Minggu. Contoh nyata mengapa CFD bermanfaat untuk menyelamatkan bumi adalah karena di hari itu jumlah asap yang dikeluarkan kendaraan bermotor sangat berkurang drastis sehingga mengurangi tingkat polusi udara. Selain itu, CFD juga dapat mengurangi polusi suara dari kendaraan bermotor.

Baca Juga: Dibalik Tema ‘Car Free Day’ Pada Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor 2021

2. Ketersediaan Ruang Hijau Lebih Banyak
Jalanan yang terbebas dari kendaraan bermotor membuat ketersediaan ruang hijau di kota menjadi lebih banyak. Ruang hijau tentunya dapat berguna untuk menghidupkan kembali beberapa keanekaragaman hayati perkotaan yang telah hilang.

3. Momen untuk Menyuarakan Opini tentang Lingkungan Hidup
Menjadikan bumi lebih sehat adalah harapan bagi seluruh umat manusia. Namun tidak semua orang mampu untuk melakukannya. Dengan dilaksanakan Car Free Day adalah sebuah upaya untuk menyuarakan opini demi mewujudkan perubahan lingkungan. Karena tujuan utama orang-orang datang ke CFD adalah untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

4. Menyediakan Infrastruktur untuk Transportasi Aktif
Setiap harinya, jalanan ibu kota dipenuhi oleh kendaraan bermotor, mulai dari mobil, motor, bus, dan sebagainya. Namun ketika diadakan Car Free Day, jalanan tersebut dapat diisi dengan berjalan kaki, bersepeda, bermain sepatu roda, dan transportasi aktif lainnya. Dengan menyediakan ruang untuk transportasi aktif ini membuat tubuh lebih sehat dan mengurangi polusi udara yang akan merusak bumi.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Suara.com, dbs.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Terpopuler

X