Ingin Rumah Aman dan Tidak Dimasuki Setan, Ini 5 Cara Membentenginya

- Kamis, 23 September 2021 | 07:21 WIB
Ilustrasi Rumah (Foto: Scott Web)
Ilustrasi Rumah (Foto: Scott Web)

HARIANHALUAN.COM - Setiap keluarga muslim harus melindungi rumah agar selalu menjadi surga dunia. Supaya konsep rumahku surgaku atau baiti jannati bisa terwujud.

Hanya saja membangun rumah layaknya surga akan sulit terwujud jika tak dapat membentenginya dari setan. Karena setan merupakan musuh bagi manusia, ia akan masuk ke dalam rumah dan akan selalu berusaha merusak keluarga yang tinggal di dalamnya.

Lalu bagaimana mewujudkan konsep rumah surga atau baiti jannati ini? Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah” (HR. Muslim).

Dilansir dari SINDONews, Kamis (23/9/2021), maksud dari hadis ini ialah meramaikan rumah bukanlah dengan hal- hal yang tidak baik, namun ramaikanlah isi rumah dengan lantunan ayat- ayat suci Al-Quran. Rumah yang tak terdengar ayat suci Al-Quran layaknya kuburan. Ini adalah salah satu kebiasaan yang dapat membentuk konsep baiti jannati.

Selain hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat membangun konsep baiti jannati ini dan dijauhkan dari gangguan setan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara membentengi rumah ini:

1. Membiasakan mengucap salam dan berdzikir saat masuk rumah

Allah Ta'ala berfirman,

“.......Apabila kalian masuk ke rumah-rumah maka ucapkanlah salam (kepada penghuninya) kepada diri-diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.....” (QS. An Nur: 61).

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Sindo News

Tags

Terkini

Waspada! Osteoporosis Intai Perempuan Mulai Usia 30-an

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:21 WIB

6 Cara Mudah Kreasikan Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Fakta Tentang Pengumuman Resmi Rekrutmen KAI 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:28 WIB

7 Cara Tepat untuk Mengaplikasikan Face Mist

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Tingkatkan Imunitas Selama Pandemi, Begini Caranya

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:52 WIB

Tata Cara Download Youtube MP3 Menggunakan YTMP3

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:08 WIB

Terpopuler

X