Ini Alasan Islam Melarang Pria Memakai Perhiasan Emas dan Sutera

- Kamis, 23 September 2021 | 07:52 WIB
Ilustrasi perhiasan emas. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi perhiasan emas. (Foto: Shutterstock)

HARIANHALUAN.COM - Keindahan dan kecantikan memang kodrat manusia. Seperti halnya wanita mempercantik diri dengan perhiasan berupa emas. Tapi harus diingat, menggunakan perhiasan emas tidak berlaku bagi pria Muslim.

Islam melarang pria Muslim haram memakai perhiasan emas dan kain sutera. Tentunya ajaran agama Islam memberikan larangan ini dengan dasar yang sangat kuat. Simak penjelasannya.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon, Kiai Haji Yahya Zainul Ma'arif atau lebih akrab disapa Buya Yahya, menjelaskan bahwa perhiasan emas hanya boleh dipakai perempuan.

"Cincin itu bebas untuk wanita, mau itu emas, perak, atau lainnya. Tapi laki-laki tidak boleh memakai perhiasan emas, hanya perak yang boleh. Perak itu disunahkan untuk laki-laki, karena Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memakai cincin perak, dan hal itu banyak diikuti oleh sahabat-sahabatnya," ucap Buya Yahya, seperti dikutip dari video di kanal YouTube Al-Bahjah TV.

Sebagaimana yang dikatakan Ali bin Abi Thalib bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengambil sutera dan meletakkannya di tangan kanannya, lalu mengambil emas dan meletakkannya di tangan kirinya, kemudian beliau bersabda, "Sesungguhnya keduanya ini haram bagi laki-laki dari umatku." (HR Imam Ahmad)

Dengan demikian, laki-laki boleh saja berhias diri dengan perhiasan, asalkan bukan emas bernilai tinggi yang bisa menimbulkan sifat sombong. Emas benda bernilai tinggi, mahal, dan mencolok sehingga tergolong berlebihan.

Wallahu a'lam bishawab.

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Okezone

Tags

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X