Kenali Penyebab dan Gejala Pendarahan Otak

- Jumat, 24 September 2021 | 12:00 WIB
Ilustrasi Penyebab dan Gejala Pendarahan Otak
Ilustrasi Penyebab dan Gejala Pendarahan Otak

Pada Rabu (22/09/21) lalu, presenter serta komedian ternama Indonesia, Tukul Arwana dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) karena diduga mengalami pendarahan otak.

Awalnya, Tukul merasakan sakit kepala yang hebat sampai ia tidak bisa melakukan aktivitas seperti semula. Melihat kondisi tersebut, akhirnya Tukul dibawa ke rumah sakit sekitar pukul 19.00 untuk mendapatkan perawatan medis.

Melihat dari kondisi yang sudah dialami Tukul Arwana, tentunya kita harus mewaspadai sakit kepala yang kita rasakan. Karena terdapat sakit kepala yang ringan serta yang parah sampai menyebabkan penyakit serius seperti pendarahan otak.

Agar lebih memahami tentang penyakit pendarahan otak, berikut ini terdapat penyebab serta gejala yang bisa kamu pelajari.

Penyebab Pendarahan Otak
Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menderita pendarahan otak, antara lain:

1. Trauma di Kepala
Trauma kepala bisa terjadi akibat pernah mengalami cedera di bagian kepala yang membuat adanya pendarahan di otak. Biasanya trauma kepala terjadi bagi orang-orang yang berusia di bawah 50 tahun.

2. Tekanan Darah Tinggi
Darah tinggi merupakan kondisi yang cukup kronis karena dapat melemahkan dinding pada pembuluh darah. Jika tidak diobati, darah tinggi bisa menyebabkan seseorang terkena pendarahan otak.

3. Aneurisma
Aneurisma adalah kondisi dimana dinding pembuluh darah melemah sehingga menyebabkan pembengkakan. Aneurisma bisa membuat pembuluh darah pecah dan berdarah ke otak. Hal ini juga yang menyebabkan penyakit stroke.

4. Kelainan Pembuluh Darah
Malformasi arteriovenosa merupakan kondisi melemahnya pembuluh darah di dalam otak. Kondisi ini bisa terjadi ketika bayi baru lahir dan dapat didiagnosis jika gejalanya terus berkembang.

5. Angiopathy Amyloid
Angiopathy amyloid adalah kelainan dinding pembuluh darah yang terjadi seiring bertambahnya usia seseorang dan juga tekanan darah tinggi. Jika didiamkan, angiopathy amyloid bisa membuat pendarahan kecil yang tidak diketahui sebelum menyebabkan pendarahan besar.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara Menggunakan Body Spray agar Wangi Tahan Lama

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:39 WIB

Inilah Sejarah Sumpah Pemuda dan Tokoh Pentingnya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Kenali Ciri-Ciri Burnout yang Harus Diwaspadai

Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:07 WIB

Benarkah Minum Air Lemon Berbahaya bagi Ginjal?

Kamis, 28 Oktober 2021 | 04:45 WIB

Penyebab Seorang Pekerja Mengalami Burnout

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB

Tahapan Seseorang Mengalami Burnout

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB

Sedang Merasa Burnout? Berikut Cara Mengatasinya!

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB
X