Peringatan Hari Tani Nasional 2021: Bagaimana Tips Sukses Menjadi Petani

- Jumat, 24 September 2021 | 14:35 WIB
Tips sukses menjadi petani (sumber gambar: Pixabay.com)
Tips sukses menjadi petani (sumber gambar: Pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM - Indonesia terancam mengalami krisis regenerasi petani di masa depan. Dilansir melalui harianhaluan.com, alasan anak muda enggan menjadi petani karena merasa petani bukan pekerjaan bergengsi, tidak memiliki kedekatan kultural, dan tidak ada jaminan ekonomi yang baik.

Dilansir melalui harianhaluan.com, permasalahan yang kerap merugikan petani yaitu kebijakan yang tidak tepat dan permainan harga dari oknum tengkulak. Permasalahan tersebut cenderung bersifat struktural, atau telah terpatri dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak semua petani memiliki akses untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk sukses menjadi petani, dengan mengoptimalkan penghasilan ekonomi dari aktivitas pertanian. Dilansir melalui beberapa sumber, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Berinovasi dengan Memanfaatkan Teknologi Pertanian

Tips ini terdengar indah, namun tidak mudah untuk dilakukan. Petani yang telah terbiasa menggunakan teknologi sederhana, tidak dapat dengan mudah mengubah kebiasaan mereka. Perlu ada adaptasi penggunaan teknologi pertanian.

Di situ lah peran petani muda diperlukan. Petani muda dituntut untuk mampu menjadi jembatan antara petani tua, dengan teknologi pertanian mutakhir. Agar dapat menggapai hasil yang optimal dalam pertanian.

Pemilihan Lahan, Ketersediaan Air, dan Karakteristik Komoditas

Penting untuk memerhatikan kondisi tanah dan ketersediaan air di sekitarnya, sebelum memulai aktivitas pertanian. Kondisi tanah, harus disesuaikan dengan karakteristik komoditas yang ditanamnya.

Jika komoditas tertentu membutuhkan tanah yang tidak terlalu kering, maka petani harus menyediakan lahan yang sesuai dengan karakteristik komoditas tersebut. Untuk mendapat hasil panen yang optimal kelak saat masa panen.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: kompas.com, harianhaluan.com, pustaka.setjen.pertanian.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Pola Hidup Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

Minggu, 24 Oktober 2021 | 01:30 WIB

Yuk Intip Kecanggihan Toyota Avanza Veloz Terbaru

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:10 WIB

4 Manfaat Eye Cream, Dapat Cegah Kerutan di Area Mata

Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:05 WIB

Bakal Ganti Nama, Ada Apa dengan Facebook?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB
X