Telegram | Sepak Terjang Perkembangan Aplikasi Ini Hingga Sekarang

- Jumat, 24 September 2021 | 17:00 WIB
Tampilan aplikasi Telegram
Tampilan aplikasi Telegram

Telegram sebagai aplikasi pesan telah menginjak usia 8 tahun sejak dirilis tahun 2013. Pavel Durov yang merupakan CEO Telegram, merayakan pencapaian perusahaan selama di Apps Store melalui kanal Telegram resminya. 

Tepat tanggal 14 Agustus 2021, Durov mengungkapkan bahwa Telegram menduduki posisi ketujuh sebagai aplikasi paling banyak diunduh tahun 2020:

"Ini bukanlah hal yang mengejutkan, dalam beberapa tahun terakhir, Telegram menjadi aplikasi pesan yang paling kaya fitur dan ramah pengguna."

Durov mengklaim begitu tanpa menyebut sumber laporan, tapi kemungkinan besar sumber laporan yang disampaikan berasal dari perusahaan riset aplikasi mobile asal Amerika Serikat, yaitu App Annie.

App Annie memang pernah memublikasikan laporan mengenai 10 aplikasi paling banyak diunduh di dunia tahun 2020. Aplikasi Telegram naik satu tingkat dari posisi delapan pada 2019. 

Menurut Nikkei Asia, pertumbuhan Telegram turut dipengaruhi oleh isu privasi yang makin menyedot perhatian publik. Selain itu, penggunaan media sosial akibat pandemi Covid-19, turut meningkatkan posisi Telegram itu.

Telegram pun masih jauh dari posisi TikTok yang menduduki peringkat pertama, setelah berhasil menggeser posisi Facebook Messenger tahun 2019. Meski begitu, tidak ada detail yang menunjukkan jumlah total unduhan dari masing-masing aplikasi.

Pada Januari 2020, Telegram mengklaim bahwa jumlah pengguna aktif bulanannya telah mencapai 500 juta. Bahkan, pengguna Telegram sempat bertambah 25 juta dalam 72 jam.

Pertumbuhan jumlah pengguna yang signifikan itu pun sangat dipengaruhi oleh isu kebijakan privasi baru WhatsApp yang kontroversial awal tahun 2021. Setelah kebijakan baru WhatsApp ramai diperdebatkan, beberapa aplikasi pesan seperti Signal dan Telegram pun makin dilirik pengguna yang ingin beralih dari WhatsApp.

Durov juga menjelaskan bahwa Telegram terus berupaya menambah fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

7 Pola Hidup Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

Minggu, 24 Oktober 2021 | 01:30 WIB

Yuk Intip Kecanggihan Toyota Avanza Veloz Terbaru

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:10 WIB

4 Manfaat Eye Cream, Dapat Cegah Kerutan di Area Mata

Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:05 WIB

Bakal Ganti Nama, Ada Apa dengan Facebook?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB
X