Buah Matoa Miliki Kandungan Antioksidan, Baik untuk Jantung

- Sabtu, 25 September 2021 | 11:39 WIB
Buah Matoan (Foto: hargabulanini)
Buah Matoan (Foto: hargabulanini)


HARIANHALUAN.COM - Matoa adalah jenis buah asli Indonesia yang banyak ditemukan di Papua Barat. Sebagian besar orang mungkin masih merasa asing dengan buah ini.

Matoa memiliki aroma dan tekstur mirip rambutan. Dan ternyata menyimpan banyak nutrisi penting. Maka dari itu, mengonsumsi buah matoa disebut bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah matoa atau Pometia Pinnata berada dalam satu keluarga dengan buah leci dan kelengkeng. Ternyata, buah ini sudah lama dikenal dan digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Papua.

Ada banyak kandungan nutrisi dalam buah ini, termasuk vitamin C dan E. Karena itu, mengonsumsi buah matoa disebut bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Oleh karena belum dikenal secara umum, sejumlah penelitian masih dibutuhkan untuk mengetahui kandungan dan manfaat sehat dari buah ini.

Namun, sejauh ini buah matoa disebut kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E. Keduanya merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk mencegah risiko kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Selain itu, jenis buah ini ternyata ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, hampir semua buah yang memiliki kandungan vitamin C merupakan “sumber makanan” yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang terjaga, risiko terjadinya penyakit akan lebih rendah. Selain sumber antioksidan dan ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh, ada manfaat sehat lain dari buah matoa yang dilansir dari halodoc.com, yaitu:

Melawan Infeksi Virus

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

6 Titik Semprot Body Spray, Dijamin Wangi Tahan Lama

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:48 WIB

3 Cara Menggunakan Body Spray agar Wangi Tahan Lama

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:39 WIB

Inilah Sejarah Sumpah Pemuda dan Tokoh Pentingnya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Kenali Ciri-Ciri Burnout yang Harus Diwaspadai

Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:07 WIB

Benarkah Minum Air Lemon Berbahaya bagi Ginjal?

Kamis, 28 Oktober 2021 | 04:45 WIB

Penyebab Seorang Pekerja Mengalami Burnout

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB

Tahapan Seseorang Mengalami Burnout

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB

Sedang Merasa Burnout? Berikut Cara Mengatasinya!

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB
X