Jadi Perempuan Tangguh Saat Pandemi, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

- Sabtu, 25 September 2021 | 15:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perempuan memegang peran penting dalam keluarga, mengurus rumah tangga, anak dan suami, dan seringkali masih harus bekerja. Oleh karena itu perempuan perlu menjaga kesehatannya agar kesehatan keluarga turut terjaga.

Dokter Sonia Wibisono membagikan tips menjaga kesehatan diri dan keluarga di tengah pandemi Covid-19, khususnya bagi perempuan. Menurutnya di masa pandemi ini yang terpenting adalah kesehatan, jadi perempuan sebaiknya menunda program diet untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki Bagi Perempuan, dari Menyehatkan Jantung Sampai Tingkatkan Imun Tubuh

Terlebih lagi, lanjut dia, jika berat tubuh masih di ambang batas normal. Kecuali, badan sudah terlampau gemuk yang justru membahayakan kesehatan. Sonia menekankan bahwa kita harus benar-benar menjaga daya tahan tubuh kita di saat pandemi ini.

Empat tips dari dr Sonia bisa jadi rujukan dalam menjaga kesehatan saat new normal pandemi Covid-19. Yang pertama, olahraga secara rutin, minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi.

Baca Juga: Stop 'Nyinyir', Perempuan juga Punya Hak Nikmati Pendidikan Tinggi!

Meski new normal sudah memperbolehkan untuk beraktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk olahraga di rumah saja. Namun bagi yang suka berlari, ia memperingatkan untuk hati-hati karena ada risiko bahaya untuk tumit dan lutut.

Jadi, menurut dia, sebaiknya disarankan untuk jalan cepat saja. Jenis olahraga ini adalah pilihan yang paling baik. Selain itu, senam, yoga, pilates juga pilihan bagus untuk kesehatan, melancarkan darah serta melampiaskan stres.

Kedua, kita dianjurkan mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi yang tercukupi. Hal ini bisa dilakukan dengan memasak makanan sehat sendiri. Makanan yang akan dikonsumsi tentu harus memenuhi gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

7 Pola Hidup Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

Minggu, 24 Oktober 2021 | 01:30 WIB

Yuk Intip Kecanggihan Toyota Avanza Veloz Terbaru

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:10 WIB

4 Manfaat Eye Cream, Dapat Cegah Kerutan di Area Mata

Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:05 WIB
X