6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam (Blackhead) secara Alami

- Senin, 27 September 2021 | 20:39 WIB
Cara Menghilangkan Komedo Hitam secara Alami (Ruswanti)
Cara Menghilangkan Komedo Hitam secara Alami (Ruswanti)

Komedo hitam atau blackhead merupakan masalah kulit yang dapat terjadi pada semua orang. Komedo ini disebabkan oleh pori-pori yang dipenuhi dengan minyak dan bakteri, lalu berubah menjadi gelap akibat terkena udara. Sering kali banyak orang merasa tidak nyaman dengan adanya komedo ini, terutama di wajah, karena dapat mengganggu penampilan. Apakah kamu mengalami pemasalahan yang serupa? Simak sejumlah cara untuk menghilangkan komedo hitam secara alami!

6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam secara Alami

Berbagai cara dapat kamu lakukan untuk menghilangkan komedo hitammu. Di sini, akan diulas sejumlah cara alami yang dapat membantu mengatasi permasalahan komedomu. Walaupun memerlukan waktu yang lebih lama, cara ini cukup aman untuk dilakukan.

Berikut 6 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan komedo hitammu secara alami, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

  1. Baby Oil

Baby oil ini mengandung mineral oil yang bersifat non-comedogenic. Karenanya, baby oil cukup efektif dalam membantu menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan baby oil pada wajah, lalu pijat selama 4 menit dengan menarik ke atas dan ke arah luar. Selanjutnya, usapkan cleanser yang mengandung sabun ke wajah dan pijat kembali selama 1—2 menit. Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat dan pijat kembali selama beberapa menit. Terakhir, cuci muka dengan air dingin.

  1. Kulit Jeruk

Dengan kandungan vitamin dan nutrisi efektif lainnya, kulit jeruk dapat mengobati berbagai masalah kulit, seperti komedo. Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering dan haluskan. Kemudian, campurkan 1 sdm bubuk jeruk dan 2 sdm air mawar dalam mangkuk. Jadikan masker yang halus. Selanjutnya, oleskan masker pada area kulit yang berkomedo dan biarkan mengering. Gosok dengan lembut menggunakan tangan basah. Terakhir, cuci muka dengan air dingin. Lakukan berulang kali hingga komedomu hilang.

  1. Putih Telur

Selain untuk mengencangkan kulit, putih telur juga dapat menghilangkan komedo. Caranya, kocok putih telur secara perlahan, lalu usapkan pada seluruh wajah, terutama bagian yang ada komedo dan bintik hitam. Selanjutnya, ambil kertas tisu dan potong sesuai dengan bentuk wajahmu, lalu lubangi pada bagian mata, lubang hidung, dan mulut. Tempelkan kertas itu pada wajah yang telah diolesi putih telur. Setelah itu, oleskan lagi putih telus ke atas kertas tisu dengan merata dan biarkan mengering. Terakhir, angkat kertas tisu dari arah dalam ke luar dan bilas wajah dengan air dingin.

  1. Madu

Madu dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengatasi kulit berminyak. Karenanya, madu dapat mencegah penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati. Selain itu, madu juga mampu mengencangkan pori-pori dan menghilangkan komedo hitam. Caranya sangat mudah, cukup oleskan madu pada area berkomedo, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan treatment ini secara teratur 3—4 kali seminggu.

  1. Stroberi

Kandungan Alpha Hydoxy Acids (AHA) pada stroberi dapat mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Sementara asam salisilat disebut berkhasiat dalam membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Caranya, tambahkan masker stroberi dengan madu atau air lemon. Lalu, oleskan pada wajah sambil dipijat selama 10—15 menit. Terakhir, bersihkan masker dengan air hangat.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Minum Sambil Berdiri

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Manfaat Mengkonsumsi Air Hangat Bagi Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:49 WIB

Inilah 5 Tips Saat Mengkonsumsi Air Minum Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:32 WIB

Efek Dari Terlalu Banyak Minum Air Mineral

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:16 WIB

3 Manfaat Penting Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:49 WIB

Inilah Syarat dan Manfaat Dongeng bagi Anak

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:46 WIB

Jahe | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:04 WIB

Cabai | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Bawang | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:30 WIB
X