6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

- Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB
Mencuci Baju Thrift
Mencuci Baju Thrift

Membeli baju thrift akan membuat kamu bisa mendapatkan gaya fashion yang unik dan juga branded namun dengan harga yang cukup terjangkau.

Tetapi perlu kamu ketahui bahwa baju thrift tersebut adalah baju yang sudah dipakai oleh orang lain dan sudah tertumpuk dengan baju bekas lainnya. Tidak dipungkiri bahwa baju bekas bisa menjadi salah satu tempat penyebaran virus dan penyakit terutama penyakit kulit.

Walau begitu, semua hal tersebut tentunya bisa kamu atasi dengan cara mencuci baju dengan baik dan benar untuk menghilangkan kuman dan noda-noda yang menempel di baju.
Berikut ini terdapat 6 hal yang bisa kamu lakukan ketika membeli baju dari thrift shop.

1. Rendam Baju dengan Air Panas
Setelah membeli baju thrift baik secara offline maupun online, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merendamnya dengan air panas. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman, virus, serta bakteri yang menempel di baju.

Caranya, kamu cukup memasak air sampai mendidih lalu tuangkan air ke dalam baju thrift. Usahakan baju agar terendam secara keseluruhan dan diamkan sekitar 15 hingga 20 menit. Jika sudah, buang air rendaman dan bilas baju menggunakan air yang mengalir.

2. Rendam dengan Air Detergen Antiseptik
Jika kamu sudah merendam dengan air panas, rendam kembali baju dengan menggunakan air detergen antiseptik. Cara ini dilakukan untuk memastikan kembali bahwa kuman, bakteri, dan juga virus yang menempel di baju akan hilang 100%. Rendam kembali baju sekitar 20 hingga 30 menit.

Baca Juga: Tips Mencuci Pakaian Olahraga dengan Benar

3. Cuci Menggunakan Tangan
Setelah merendamnya dengan air detergen, cucilah baju menggunakan baju-baju thrift mu. Sangat direkomendasikan dengan mencucinya menggunakan tangan dari pada mesin.

Dengan mencuci menggunakan tangan, kamu bisa melihat secara jelas noda-noda bandel yang masih menempel di baju yang sudah dibeli. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah mengatur kekuatan tangan ketika sedang mengucek baju. Jika sudah dirasa bersih, bilas dengan air mengalir sampai sabun hilang.

4. Bilas Baju dengan Pewangi dan Pelembut Pakaian
Jika baju sudah dirasa bersih dan sudah tidak ada lagi sisa-sisa sabun, rendam kembali baju thrift dengan rendaman air yang sudah ditambah pewangi dan pelembut pakaian. Rendam semua baju selama kurang lebih 30 menit. Jangan merendam baju terlalu lama, karena akan membuat baju menjadi bau.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Minum Sambil Berdiri

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Manfaat Mengkonsumsi Air Hangat Bagi Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:49 WIB

Inilah 5 Tips Saat Mengkonsumsi Air Minum Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:32 WIB

Efek Dari Terlalu Banyak Minum Air Mineral

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:16 WIB

3 Manfaat Penting Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:49 WIB

Inilah Syarat dan Manfaat Dongeng bagi Anak

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:46 WIB

Jahe | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:04 WIB

Cabai | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Bawang | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:30 WIB
X