Perbedaan Komedo Hitam (Blackheads) dan Komedo Putih (Whiteheads)

- Senin, 27 September 2021 | 22:17 WIB
komedo
komedo

Apa itu Komedo?

Berbagai masalah kulit wajah dialami sebagian besar wanita. Apalagi, para wanita cenderung lebih melihat hal-hal detail dan senang untuk merawat wajah. Masalah wajah yang biasa dikeluhkan, yaitu jerawat dan bekas jerawat, flek hitam, kerutan, dan komedo. Apa itu komedo? Komedo adalah salah satu bentuk jerawat, yang bermula dari penyumbatan pori-pori wajah. Hal yang membedakan jerawat dengan komedo adalah proses pembentukannya. Munculnya jerawat biasanya muncul karena terinfeksi bakteri sehingga menyumbat pori-pori cukup dalam, sedangkan komedo ada di kulit karena pori-pori yang tersumbat, bukan akibat bakteri, dan biasanya tidak terjadi membengkak.

Komedo biasanya muncul di tempat-tempat dengan kandungan minyak kulit yang tinggi, atau di T zone, yaitu sekitar dahi dan hidung. Beberapa juga muncul di dagu. Komedo cukup menganggu penampilan, terutama pada kulit terang. Kulit wajah jadi terlihat kotor.

Jenis komedo yang sering mengganggu dan muncul di wajah ada dua, yaitu komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whitehead. Komedo hitam biasanya terlihat sangat jelas dengan titik-titik hitam. Sedangkan komedo putih, biasanya tidak tampak di permukaan kulit. Selain penampakan luar, proses pembentukan kedua jenis komedo ini berbeda. Simak lebih lanjut penjelasan tentang perbedaan komedo hitam dan komedo putih di bawah ini.

Proses Pembentukan Komedo Hitam (Blackheads)

Blackheads muncul karena sebum atau minyak yang dihasilkan kulit, terperangkap di dekat mulut pori-pori sehingga memungkinkannya terpapar udara dari luar. Oksidasi dengan udara luar ini yang membuat warna hitam di bagian puncaknya. Komedo hitam tidak diakibatkan oleh bakteri.

Komedo yang mengganggu penampilan ini terjadi karena adanya minyak berlebih yang menyumbat dan menumpuk di pori-pori. Selain itu, warna hitam juga dihasilkan dari gabungan sel-sel kulit mati, kotoran, dan sisa make up. Jika komedo hitam terkontaminasi oleh bakteri, komedo dapat mengalami peradangan dan berubah menjadi jerawat.

Proses Pembentukan Komedo Putih (Whiteheads)

Pembentukan jenis komedo putih terjadi karena minyak berlebih dan sel kulit mati masuk ke dalam pori-pori yang terbuka. Biasanya, sebum yang terjebak dalam pori-pori tidak terkena paparan udara sehingga tidak teroksidasi dan menjadi warna hitam. Komedo ini dapat berubah menjadi komedo hitam jika wajah kurang dibersihkan dan dirawat.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Minum Sambil Berdiri

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Manfaat Mengkonsumsi Air Hangat Bagi Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:49 WIB

Inilah 5 Tips Saat Mengkonsumsi Air Minum Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:32 WIB

Efek Dari Terlalu Banyak Minum Air Mineral

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:16 WIB

3 Manfaat Penting Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:49 WIB

Inilah Syarat dan Manfaat Dongeng bagi Anak

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:46 WIB

Jahe | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:04 WIB

Cabai | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Bawang | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:30 WIB
X