3 Perbedaan Proses Penuaan Manusia Berdasarkan Gender

- Selasa, 28 September 2021 | 04:25 WIB
[Ilustrasi] Penuaan kulit; Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dapat membuat tanda-tanda penuaan ini menjadi lebih cepat mucul dan terjadi. (Freepik)
[Ilustrasi] Penuaan kulit; Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dapat membuat tanda-tanda penuaan ini menjadi lebih cepat mucul dan terjadi. (Freepik)


HARIANHALUAN.COM - Setiap manusia pasti mengalami proses penuaan seiring berjalannya usia. Kendati sama-sama menua antara gender perempuan dan lelaki mengalami perbedaan dalam proses penuaan. Setidaknya ada tiga perbedaan yang terdapat.

Tanda-tanda penuaan akan mulai muncul di setiap bagian tubuh, terutama di kulit. Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski), perempuan lebih cepat alami proses penuaan dibandingkan laki-laki.

Dimulai saat seseorang melewati masa pubertas, yakni usia 20 tahun, penuaan pada perempuan mulai terjadi lebih dulu. Kondisi itu disebabkan pubertas pada perempuan terjadi lebih awal, yaitu sekitar usia 10 sampai 14 tahun.

Sementara pada laki-laki, pubertas baru terjadi pada usia sekitar 12 sampai 16 tahun. Perbedaan waktu inilah yang memungkinkan wanita mengalami penuaan lebih dulu. Selain usia pubertas, hormon juga berperan dalam berlangsungnya penuaan.

Dikutip dari situs resmi Perdoski, berikut beberapa perbedaan dalam proses menua pada laki-laki dan perempuan:

1. Perbedaan produksi kolagen

Setelah mengalami menopause, hormon estrogen yang membantu wanita mempertahankan elastisitas kulit akan menurun, bahkan tak lagi diproduksi. Kondisi itu akan menyebabkan kulit perempuan kehilangan banyak kolagen yang berperan mencegah penuaan.

Kehilangan kolagen berarti penuaan menjadi tak terhindarkan. Sehingga tak heran bila kulit perempuan akan terlihat lebih cepat keriput.

Sedangkan laki-laki terus memproduksi hormon testosteron meskipun sudah masuk masa andropause. Berkat hormon tersebut, kulit laki-laki terlihat kencang lebih lama dan seakan-akan keriput muncul lebih lambat.

Selain itu, kulit laki-laki juga memproduksi kolagen yang lebih padat, sehingga proses penuaan pada kulit terjadi lebih lambat.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

Bakal Ganti Nama, Ada Apa dengan Facebook?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB

5 Zodiak Ini Dikenal Paling Pemalas, Kamu Termasuk?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 04:05 WIB

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:25 WIB

3 Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:47 WIB
X