Jenis Makanan dan Minuman yang Membuat Kulit Kusam

- Selasa, 28 September 2021 | 19:52 WIB
Kulit Kusam
Kulit Kusam

Selain pola hidup yang kurang sehat, ternyata ada juga berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa membuat kulit kusam.

Sebelum membahas lebih lanjut, pengertian kulit kusam adalah kondisi warna kulit terlihat lebih gelap. Kulit kusam menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang, apalagi pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari berada di luar ruangan.

Perlu diketahui, bahwa banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam seperti halnya asupan makanan yang tidak terkontrol. Jika kamu sedang mengalami masalah kulit kusam, bisa jadi jenis-jenis makanan dan minuman di bawah ini menjadi penyebabnya.

Makanan dan Minuman Penyebab Kulit Kusam
Dilansir dari lama klikdokter.com, inilah makanan dan minuman penyebab kulit wajah menjadi lebih kusam.

1. Makanan dengan Kadar Garam yang Tinggi
Garam memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi, sodium sendiri bersifat menarik air. Maka dari itu, jika kamu terlalu banyak menggunakan garam pada olahan makanan yang kamu santap akan membuat kadar air di dalam tubuh berkurang dan membuat kulit menjadi lebih kering. Hal inilah mengapa mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat membuat kulit menjadi kering sehingga tampak kusam.

Baca Juga: Tidak Sehat! Ternyata Garam Himalaya Berbahaya dan Punya Efek Samping, Begini Kata Peneliti

2. Makanan dengan Kadar Gula yang Tinggi
Selain garam, kandungan gula yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh tidak akan baik bagi kesehatan tubuh. Ketika tubuh menerima asupan gula yang berlebih secara otomatis produksi insulin dalam tubuh juga akan meningkat. Insulin yang meningkat secara mendadak akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Hal inilah yang membuat kulit menjadi lebih banyak memproduksi minyak sehingga membuat penyumbatan pada pori-pori wajah.

Selain itu kadar gula yang tinggi juga dapat memicu peradangan yang membuat kerusakan pada jaringan kolagen. Sehingga kulit akan terlihat lebih kusam dan muncul keriput di wajah.

3. Makanan dengan Kadar Minyak yang Tinggi
Minyak dikenal dengan kandungan lemak jenuh atau lemak jahat yang cukup tinggi. Kandungan minyak yang paling banyak dijumpai adalah dari gorengan.

Ketika kamu mengkonsumsi makanan dengan kandungan minyak yang tinggi akan membuat pembuluh darah menjadi tersumbat sehingga aliran darah ke beberapa sel termasuk sel kulit menjadi tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar membuat peradangan dan radikal bebas di dalam tubuh menjadi meningkat sehingga membuat kulit lebih cepat keriput dan jauh lebih kusam.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Merdeka.com, klikdokter.com, cewekbanget.grid.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X