Selain Paracetamol, Berikut Obat yang Dapat Meredakan Nyeri

- Kamis, 30 September 2021 | 19:39 WIB
Obat Untuk Meredakan Nyeri
Obat Untuk Meredakan Nyeri

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa paracetamol adalah sebagai obat yang dapat meredakan nyeri di tubuh seperti nyeri di gigi, sendi, sakit kepala, nyeri saat haid, dan yang lainnya.

Tapi apakah kamu tahu selain paracetamol terdapat jenis obat lain yang ampuh untuk meredakan rasa nyeri?

Obat untuk Meredakan Nyeri

1. Ibuprofen
Yang pertama adalah kamu bisa mengkonsumsi ibuprofen jika sedang terasa nyeri di tubuh.

Ibuprofen adalah obat untuk meredakan nyeri yang termasuk ke dalam golongan obat aniinflamasi nonsteroid atau NSAID. Ibuprofen berfungsi untuk meredakan rasa nyeri yang disebabkan karena adanya peradangan seperti penderita radang sendi atau orang yang habis mengalami cedera.

Untuk dosisnya sendiri, kamu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1.200 miligram dalam sehari. Karena obat ini memiliki dosis yang sekali minum sebesar 200-400 miligram atau sama dengan 1-2 tablet. Ketika minum ibuprofen, berikanlah jeda 4-5 jam setelah meminumnya.

2. Naproxen
Kedua ada naproxen sebagai obat meredakan rasa sakit. Naproxen adalah obat yang termasuk di golongan NSAID yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis rasa nyeri seperti nyeri otot, nyeri pada gigi, sakit kepala, migrais, dan nyeri haid. Selain meredakan nyeri, obat ini juga berfungsi untuk meredakan kemerahan di bengkak setelah mengalami cedera.

Terdapat beberapa ketentuan untuk mengkonsumsi Naproxen, yaitu:

  • Nyeri Jangka Pendek
    Nyeri jangka pendek ini dapat terasa ketika mengalami keseleo atau nyeri otot. Jika kamu sedang mengalaminya, minumlah naproxen sebanyak 3-4 kali sehari jika dibutuhkan.
  • Nyeri Jangka Panjang
    Untuk nyeri jangka panjang ini dapat dirasakan seperti rematik. Untuk menguranginya, kamu bisa mengkonsumsi sebanyak 500 miligram dalam sehari. Atau kamu bisa membaginya menjadi 2 dosis yaitu masing-masing 250 miligram.
  • Nyeri Bagi Penderita Asam Urat
    Kalau menderita asam urat, kamu bisa mengkonsumsi naproxen dengan dosis pertama yaitu 750 miligram. Selanjutnya, kamu bisa minum dengan dosis 250 miligram setiap 8 jam sekali sampai rasa nyerinya menghilang.
  • Nyeri Saat Haid
    Untuk wanita yang sedang datang bulan atau haid, kamu bisa meredakan rasa sakitnya dengan minum sebesar 250 miligram sebanyak 3 kali sehari sampai rasa sakitnya reda.

Baca Juga: Begini Urutan Gejala Covid-19, Diawali dengan Demam hingga Diare

3. Asam Mefenamat
Asam mefenamat adalah obat yang berfungsi sebagai meredakan berbagai rasa nyeri terutama nyeri saat haid dan nyeri gigi. Asam mefenamat termasuk ke dalam golongan NSAID yang bisa mengatasi pendarahan berlebih ketika sedang haid.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB
X