Jangan Salah, Anak Orang Kaya Juga Bisa Kena Stunting Gegara Lakukan Kesalahan Ini

Rahma Nurjana
- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 09:38 WIB
Ilustrasi Anak (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Anak (Foto: Pixabay)

HARIANHALUAN.COM - stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya. Tubuh pendek pada anak yang berada di bawah standar normal merupakan akibat dari kondisi kurang gizi yang telah berlangsung dalam waktu lama.

Mudahnya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.

Tahukah Anda, bahwa mayoritas kasus stunting terjadi karena pola asuh. Oleh sebab itu, stunting juga bisa melanda keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah ke atas.

Ahli Gizi sekaligus Ketua Indonesia Sport Nutrisionist Association, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, mengatakan, sebanyak dua per tiga kasus stunting terjadi karena faktor langsung berupa pola asuh. Dalam artian, stunting juga dipengaruhi oleh sikap ibu hamil maupun ibu menyusui dalam pemenuhan gizinya.

Menurutnya, tingginya kasus stunting karena pola asuh menunjukkan Indonesia masih gagal dalam menegakkan pola asuh yang sehat.

"Kita masih gagal di pola asuh. Banyak ibu memberi makanan asal anaknya kenyang, anaknya anteng," katanya dalam peluncuran buku 'Cegah Stunting Sebelum Genting: Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting' yang diselenggarakan Tanoto Foundation, Jumat 1 Oktober 2021.

Ia menambahkan, lantaran faktor pola asuh itu pula, kasus stunting kerap ditemui di keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah ke atas. Tidak hanya keluarga miskin saja.

"Walaupun memang terbanyak itu di keluarga berlatar ekonomi rendah karena kaitannya dengan daya beli (makanan bergizi) yang rendah juga," tuturnya, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com dengan judul Gagalnya Pola Asuh Anak Jadi Penyebab Stunting, Bisa Menyasar Keluarga Kaya..

Menurut Rita, terdapat beberapa dampak jangka pendek dan jangka panjang bagi balita yang terkena stunting. Dampak jangka pendek berupa terganggunya perkembangan otak, pertumbuhan massa tubuh dan komposisi badan.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X