6 Rukun Iman dan Penjelasannya yang Perlu Diketahui Umat Islam

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi rukun iman (gambar: Pixabay.com)
Ilustrasi rukun iman (gambar: Pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM – Rukun iman merupakan landasan kepercayaan, yang wajib dimiliki setiap umat Islam tanpa terkecuali. Dari Umar bin Khatthab RA, pada suatu hari Nabi Muhammad SAW didatangi oleh Malaikat Jibril. Kepada Rasulullah SAW, Jibril bertanya, "Beritahukanlah kepadaku apa itu iman."

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: "Iman itu artinya engkau beriman kepada Allah, para malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya, Rasul-rasulnya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk." (HR. Muslim).

Penjelasan 6 Rukun Iman

Berdasarkan hadis di atas, rukun iman ada 6, yaitu iman kepada Allah SWT, kepada malaikat, kepada kitab-kitab, kepada rasul-rasul, kepada hari akhir, dan kepada takdir. Dilansir melalui detik.com, berikut penjelasan rukun iman:

1. Iman kepada Allah SWT

Iman kepada Allah SWT artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT itu ada (wujud). Untuk dapat mengenalnya, harus mengetahui sifat-sifat yang dimilikinya. Secara keseluruhan, sifat-sifat Allah ada 3. Yaitu sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz.

Orang yang beriman pada Allah SWT, tidak akan menyekutukannya dengan apapun. Selain itu, orang yang beriman juga meyakini bahwa segala sesuatu di alam semesta ini diciptakan olehnya. Sehingga, hilanglah prasangka buruk kepada Allah SWT.

Baca Juga: 5 Rukun Islam dan Penjelasannya yang Perlu Anda Ketahui

2. Iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X