5 Syarat Sah Sholat dan Penjelasannya yang Perlu Diketahui Umat Islam

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 19:40 WIB
Ilustrasi syarat sah sholat (gambar: Pixabay.com)
Ilustrasi syarat sah sholat (gambar: Pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM – Sholat 5 waktu merupakan kewajiban umat Islam yang harus dilakukan. Bahkan dikatakan bahwa, sholat merupakan tiang agama Islam. Mengingat pentingnya sholat bagi umat Islam.

5 Syarat Sah Sholat bagi Umat Islam

Selain mendapat ganjaran pahala yang besar, sholat 5 waktu dapat memberi dampak kesehatan yang baik. Salah satunya membantu meredakan sakit punggung. Untuk melihat manfaat lainnya dari sholat 5 waktu, dapat klik link berikut ini.

Terdapat 5 syarat sah sholat yang wajib dipenuhi oleh umat Islam, agar sholat mereka menjadi sah. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi, maka dapat dikatakan tidak sah sholatnya. Dilansir melalui detik.com, berikut penjelasan 5 syarat sah sholat:

1. Telah memasuki waktu sholat

Sholat adalah ibadah yang sudah ditentukan waktunya. Hal tersebut tertuang dalam firman Allah SWT melalui surah An-Nisa ayat 103 dalam kitab suci Al-Qur’an berikut ini:

“Fa iżā qaḍaitumuṣ-ṣalāta fażkurullāha qiyāmaw wa qu'ụdaw wa 'alā junụbikum, fa iżaṭma`nantum fa aqīmuṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta kānat 'alal-mu`minīna kitābam mauqụtā.”

Artinya: Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu. Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Baca Juga: 6 Rukun Iman dan Penjelasannya yang Perlu Diketahui Umat Islam

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: detik.com, harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB
X