Daun Kemangi Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 19:57 WIB
Daun Kemangi (Pixabay/Webandi)
Daun Kemangi (Pixabay/Webandi)

HARIANHALUAN.COM - Sebuah penelitian di AS menemukan bahwa senyawa alami, fenchol dapat memiliki efek perlindungan terhadap penyakit Alzheimer. Peneliti dari University of South Florida Health (USF Health) telah membuat penemuan ini.

Mereka menemukan di antara 15 senyawa yang diteliti, fenchol adalah senyawa yang paling efektif dalam mengikat dan mengaktifkan reseptor asam lemak babas molekul sinyal sel 2 (FFAR2).

Semakin banyak sinyal, semakin banyak protein yang terkait dengan perkembangan berkurang. Pada akhirnya, hal ini akan menurunkan tingkat kematian neuron dan mengurangi jumlah sel saraf tua yang sering dijuluki sebagai sel zombie dan biasanya ditemukan di otak pasien Alzheimer.

Fenchol dapat ditemukan dalam kemangi, yang dapat Anda konsumsi bersamaan dengan menu makanan lainnya untuk meningkatkan asupan senyawa tersebut dalam tubuh.

"Sebenarnya, fenchol mempengaruhi dua mekanisme terkait dengan Penuaan dan proteolysis. Senyawa ini akan mengurangi pembentukan sel saraf zombie setengah mati dan meningkatkan degradasi Aβ, sehingga protein amiloid dibersihkan dari otak lebih cepat," kata Hariom Yadav, PhD, profesor bedah saraf dan perbaikan otak di USF Health Morsani College of Medicine dikutip dari The Sun.

Meskipun, sekarang ini tidak ada obat untuk mengatasi penyakit Alzheimer, beberapa perawatan bisa membantu meningkatkan pesan kimia ini dan menangkal beberapa gejala.

Selain kemangi, senyawa fenchol juga bisa ditemukan dalam adas, jeruk nipis dan pala.

Lalu, cokelat juga bisa menjadi makanan otak yang enak dan memiliki manfaat kesehatan sama. Karena kako mentah maupun murni mengandung flavanol yang tinggi.

Zat dalam tanaman ini dianggap memiliki efek antioksidan yang kuat, termasuk yang dibutuhkan otak dan telah diteliti potensinya untuk melindungi dari penyakit Alzheimer.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: himedik.com

Tags

Terkini

Salat Hajat: Niat, Cara, Waktu dan Doanya

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:43 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Hajat

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:29 WIB

Makanan Ini Wajib Dihindari saat Pandemi Covid-19

Senin, 17 Januari 2022 | 08:55 WIB

Sony Batal Suntik Mati PS4 Karena PlayStation 5 Langka

Minggu, 16 Januari 2022 | 18:15 WIB

Biar Ada Manfaat, Mandi pun Ada Caranya, Yuk Simak!

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:40 WIB
X