Kelebihan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

- Senin, 11 Oktober 2021 | 13:47 WIB
Mobil Listrik
Mobil Listrik

Seiring dengan majunya perkembangan teknologi di bidang otomotif, penggunaan mobil listrik menjadi sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan mobil konvensional.

Mobil listrik diklaim sebagai mobil yang ramah pada lingkungan. Karena mobil ini tidak memerlukan BBM sebagai energi penggeraknya, melainkan menggunakan listrik. Sehingga penggunaan mobil listrik tentunya tidak akan banyak menyumbang polusi di udara yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi bumi.

Selain ramah lingkungan, berikut ini terdapat kelebihan lain dari mobil listrik.

1. Suara Mesin yang Lebih Senyap
Pertama, mobil yang menggunakan listrik sebagai energi penggeraknya akan mengeluarkan suara yang lebih tenang dan senyap. Jika dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak, biasanya akan menimbulkan suara dan getaran yang lebih keras. Sehingga mobil listrik akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan orang lain disekitarnya karena tidak mengeluarkan suara bising.

2. Mudah Saat Mengisi Bahan Bakar
Untuk mengisi energi pada mobil listrik, kamu hanya perlu mengisi ulang atau mengecas baterai mobil dengan alat pengisian energi. Bayangkan saja untuk mengisi kembali energi pada mobil, kamu bisa melakukannya di rumah seperti halnya saat mengisi baterai sebuah ponsel.

Selain itu, saat ini sudah banyak juga tempat-tempat yang menyediakan pengisian daya baterai mobil listrik seperti di pusat perbelanjaan atau mall.

Baca Juga: Gandeng Toyota, Apple Bakal Produksi Mobil Listrik Pertamanya?

3. Perawatan yang Sangat Simpel
Jika kamu membayangkan perawatan mobil listrik akan sangat ribet dan mahal, kamu salah! Ternyata untuk merawat sebuah mobil listrik akan jauh lebih simpel dibandingkan mobil konvensional yang diisi dengan BBM.

Hal ini dikarenakan mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan seperti mobil pada umumnya. Sehingga, kamu tidak perlu mengganti oli, busi, atau air radiator secara rutin. Untuk perawatan, kamu hanya perlu mengecek secara rutin komponen pada mobil listrik. Jadi, lebih mudah dan hemat bukan?

4. Murah
Kabar baik bagi kamu yang ingin membeli mobil listrik. Dilansir dari IDN Times, mobil listrik memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil BBM dari segala aspek.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: idn times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X