Pepaya, Buah yang Bisa Obati Berbagai Penyakit Kronis

Nova Anggraini
- Selasa, 12 Oktober 2021 | 04:15 WIB
pepaya
pepaya

HARIANHALUAN.COM - Buah-buahan memang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Kaya akan vitamin dan nutrisi, buah-buahan pun kerap menjadi salah makanan yang digunakan untuk diet.

Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah pepaya. Memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, pepaya bisa dimakan mentah atau matang, daun, biji hingga daging pepaya dikemas dengan nutrisi penting yang bertanggung jawab atas sifat terapeutik dan penyembuhannya.

Antara mengutip Boldsky menyebut, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin A, magnesium, vitamin C, vitamin E, kalium, vitamin B, asam pantotenat, folat, serat makanan, asam lemak oleat, asam linoleat, asam stearat, flavonoid, saponin, antosianin, glukosinolat, tokoferol (alfa dan gamma), beta-karoten dan benzil isothiocyanate.

Nutrisi tersebut bertanggung jawab untuk antioksidan, anti-diabetes, hipolipidemik, anti-kanker, anti-inflamasi, anti-mikroba, anti-cacing dan efek penyembuhan luka. Pepaya dapat membantu mengobati dan mengelola berbagai penyakit kronis, termasuk gangguan inflamasi dan infeksi. Berikut ini adalah beberapa alasan harus mengkonsumsi pepaya.

Manfaat makan pepaya

Pepaya kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa fenolik. Buah ini juga rendah kalori dan mengandung enzim proteolitik penting dari papain dan chymopapain yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Nutrisi dalam pepaya membantu meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi peradangan, meningkatkan pemecahan protein dalam tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kardiovaskular, mengelola diabetes dan banyak lagi.


Pepaya mentah lebih baik dari yang matang

Pepaya mentah adalah buah pepaya yang dipetik saat masih hijau. Tidak seperti pepaya matang, pepaya mentah memiliki daging putih yang renyah dan rasa serta tekstur yang berbeda.

Studi mengatakan bahwa pepaya mentah mengandung lebih banyak papain dan chymopapain daripada yang matang. Ada banyak manfaat pepaya mentah bahkan ada yang lebih besar dari yang sudah matang atau daun atau biji pepaya. Pepaya mentah rendah kalori dan tinggi energi dan serat. Selain itu, tinggi beta-karoten dan likopen dibandingkan dengan pepaya matang dan tomat.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

18 Tanaman Hias untuk Dekorasi Natal 2021

Kamis, 9 Desember 2021 | 17:21 WIB

Pindah 'Kasur' Sulit Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Kamis, 9 Desember 2021 | 01:55 WIB

6 Penyebab Miss V Hitam yang Wajib Wanita Ketahui

Rabu, 8 Desember 2021 | 22:47 WIB

Awas! Deodoran Bisa Picu Kanker Payudara

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:15 WIB

Awas! Ini Bahaya Jika Sering Kirim Foto Lewat HP

Rabu, 8 Desember 2021 | 02:05 WIB
X