Begini Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung Agar Awet

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:29 WIB
Cara Merawat Mesin Cuci
Cara Merawat Mesin Cuci

Untuk memudahkan kegiatan dalam mencuci baju, adanya mesin cuci 2 tabung tentu menjadi alat yang sangat membantu.

Dengan menggunakan mesin cuci, tentunya kamu akan meminimalisir waktu dan tenaga yang digunakan untuk mencuci baju.

Agar mesin bisa tetap bersih dan awet, tentunya terdapat perawatan-perawatan khusus yang harus kamu lakukan. Karena jika tidak dijaga, mesin cuci akan cepat rusak dan membuat kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk perbaikan atau membeli mesin yang baru.

Langsung saja, berikut ini terdapat cara untuk merawat dan membersihkan mesin cuci 2 tabung agar tetap awet. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Bilas Tabung dengan Air Bersih
Setelah selesai mencuci baju, biasanya terdapat kotoran-kotoran yang masih tertinggal. Maka dari itu, bilaslah tabung menggunakan air bersih setiap selesai mencuci baju. Untuk membilasnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengatur mode cleaning pada mesin cuci dan masukkan air baru. Hal ini akan memudahkan dalam membuang kotoran dan sisa deterjen bekas cucian.

2. Pakai Air dan Baking Soda
Selanjutnya jika kamu melihat tabung dan bagiannya sudah cukup kotor dan penuh residu, tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan. Untuk menghilangkan kotoran tersebut, kamu bisa menggunakan campuran air dan baking soda.

Caranya adalah, masukkan setengah cangkir konsentrat baking soda ke dalam tabung cuci dan tambahkan air sampai level tertinggi mesin cuci. Selanjutnya, nyalakan mesin cuci ke dalam mode cleaning dan bilas sekitar 10 menit.

Setelah dibilas, kamu bisa melihat air akan berubah menjadi sangat keruh. Itu menandakan bahwa kotoran sudah berhasil terlepas. Namun jangan terburu-buru untuk membuangnya. Kamu bisa diamkan air yang sudah keruh tadi selama 3 jam agar kotoran yang menempel bisa rontok dengan sempurna.

Untuk membersihkan tabung pengering atau dryer, kamu hanya cukup membersihkan secara manual dengan membilas dan mengelap setiap sisi tabung dengan air yang dicampur dengan baking soda.

3. Lap Bagian Dalam Tabung
Ketiga adalah biasakan untuk mengelap bagian dalam tabung jika sudah selesai mencuci baju. Hal ini dilakukan agar bagian dalam tabung tidak lembab yang dapat memicu timbulnya jamur. Untuk mengelapnya, kamu bisa menggunakan kain microfiber. Setelah semua sisi sudah di lap, biarkan bagian atas mesin cuci tetap terbuka sampai bagian dalam tabung benar-benar kering.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: www.cleanipedia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X