Super Mario Bros | Inilah Sejarah Perkembangan Video Game Si Tukang Ledeng

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:16 WIB
Ilustrasi Super Mario
Ilustrasi Super Mario

Kini, video game makin populer dan diminati oleh banyak orang, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Mereka pun senang bermain video game melalui ponsel pintar atau laptop. Saat ini, kehadiran Internet turut memengaruhi tren video game daring yang menyebar dan diminati masyarakat.

Sebelum lahirnya beragam game daring, ada pula permainan yang menjadi perintis perkembangan video game, yaitu Super Mario Bros. Permainan ini merupakan rilisan Nintendo sejak 13 September 1985. Saat itulah, industri video game bangkit dan berkembang hingga kini. 

Generasi 90-an pastinya tahu betul mengenai permainan ini. Walaupun banyak game daring berbagai genre dan alur cerita yang berkembang, keberadaan Super Mario Bros masih diperhitungkan. Bahkan, Super Mario Bros pernah menjadi hits gaming terbesar sepanjang sejarah permainan.

Menariknya, game Super Mario Bros yang masih menjadi favorit ini memiliki sejarah perkembangan dan latar belakang yang patut ditelusuri. Menurut Ultimate Classic Rock, Super Mario Bros yang pertama kali dirilis pada 13 September 1985 itu diawali dengan karier perusahaan video game Nintendo yang sempat memasuki pasar Arcade.

Dari game Radar Scope, Nintendo berhasil meraih popularitas di Jepang tapi sayangnya gagal menarik minat orang-orang Amerika Serikat. Selanjutnya, Nintendo menginstruksikan seorang grafis mudah bernama Shigeru Miyamoto untuk menciptakan konsep baru yang bisa diprogram ulang dalam sistem permainan Radar Scope sebelumnya.

Shigeru Miyamoto pun terinspirasi dari kartun klasik Popeye lalu membuat tokoh dan cerita baru, yaitu tukang kayu yang mencoba menyelamatkan cintanya dari serangan gorila raksasa yang bernama Donkey Kong. Miyamoto pun memberikan julukan karakter utama si tukang kayu itu "Jumpman" setelah rancangan konsep cerita dan karakter selesai.

Pada suatu malam, ketika tim Miyamoto sedang bekerja di kantor penyimpanan di Seattle, tiba-tiba tuan tanah bernama Mario datang dan menuntut sewa yang telah jatuh tempo. Nama itulah yang akhirnya digunakan sebagai nama karakter utama, pengganti julukan Jumpman.

Mario yang mendapatkan keunikan permainannya sendiri bersama karakter baru yaitu saudaranya bernama Luigi, berhasil menyaingi kesuksesan Donkey Kong dan sekuelnya Donkey Kong Jr. Dengan karakter baru, permainan Mario Bros pun dikembangkan dengan layar game satu halaman yang menampilkan musuh yang bisa berevoluasi di setiap levelnya. Karena itu, game Mario ini menjadi populer dan diminati oleh masyarakat.

Sejak dirilis, game Super Mario Bros pun terus dikembangkan, seperti dengan menyuguhkan gaya layar bergulir berbeda dari game pendahulunya. Selain itu, tim Miyamoto juga menciptakan fitur yang lebih unik, yaitu kemampuan bersembunyi yang memberikan pengalaman baru bagi setiap pemain.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Salat Hajat: Niat, Cara, Waktu dan Doanya

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:43 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Hajat

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:29 WIB

Makanan Ini Wajib Dihindari saat Pandemi Covid-19

Senin, 17 Januari 2022 | 08:55 WIB

Sony Batal Suntik Mati PS4 Karena PlayStation 5 Langka

Minggu, 16 Januari 2022 | 18:15 WIB

Biar Ada Manfaat, Mandi pun Ada Caranya, Yuk Simak!

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:40 WIB
X