Super Mario Bros | Inilah Penjelasan Tentang Super Mario 64 yang Perlu Kamu Ketahui

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:19 WIB
Ilustrasi Super Mario 64
Ilustrasi Super Mario 64

Super Mario 64 merupakan judul video game yang diterbitkan bersamaan dengan perilisan Nintendo 64. Super Mario 64 sangat memengaruhi meningkatnya penjualan unit Nintendo 64, apalagi sebagai Killer Application dari Nintendo 64, dengan total 11 juta unit.

Video game 3D pertama ini dari seri video game Super Mario Bros, dan pada masanya merevolusi dan mendefinisikan ulang genre 3D. Ketika itu, game bergenre 3D memang lambat dan memiliki lebih sedikit poligon, apalagi diperparah dengan built in game kamera yang fix dan tidak fleksibel sehingga mempersulit gameplay.

Super Mario 64 pun menggantikan level serta alur cerita linear dengan dunia yang lebih luas dan misi beragam yang bebas dipilih oleh pemain. Meski begitu, gameplay Super Mario tetap terasa hingga Look and Feel dari banyak game Super Mario Bros sebelumnya pun masih tersedia.

Sambutan terhadap Super Mario 64 pun sangatlah baik dan hingga kini menjadi permainan populer. Selain itu, Super Mario 64 juga mendapat berbagai penghargaan, misalnya Game of the Year dan Greatest Games of All Times. Video game Super Mario 64 ini pun masuk peringkat nomor satu di majalah Next Generation Magazine dan Nintendo Power, serta nomor lima di IGN dan Electronic Gaming Monthly (EGM), dan masih banyak lagi. 

Kabarnya, salinan Super Mario 64 baru saja menjadi video game termahal yang pernah dijual di lelang. Salinan tertutup original dari game Nintendo 64 tahun 90an dibeli seharga 22,159 miliar rupiah di penjualan Video Game Heritage. Lelang selama tiga hari itu menghasilkan total penjualan lebih dari 119,320 miliar rupiah. Rumah lelang juga mengungkapkan bahwa ini pertama kalinya sebuah game menggapai tujuh angka dalam dolar. Rekor sebelumnya dipegang The Legend of Zelda yang terjual seharga 870 ribu dolar atau setara 12,36 miliar rupiah di lelang yang sama. 

Super Mario 64 sendiri dirilis tahun 1996 dengan bentukan di atas edisi pertama dari seri yang debut pada 1985, dan merupakan video game pertama yang menampilkan karakter Mario dalam 3D. Memang, keluaran game itu menjadi hits yang instan tapi kemudian menjadi satu-satunya video game yang paling laris di dunia konsol. Hingga kini, game tersebut sudah terjual hampir 12 juta kopi di seluruh dunia dan menghasilkan banyak game lanjutannya.

Contoh khusus pada gambar tampak disegel dengan rapi dan belum pernah dimainkan. Selain itu, game Super Mario 64 mencapai klasifikasi A++ tertinggi dari perusahaan pemeringkat video game WataGames. Namun, penjualan lebih dari sekadar kondisi permainannya. Kesukaan yang melekat pada Super Mario Bros menyebabkan koleksi vintage dan merchandise nostalgia terkesan langka.

Bahkan, sebelum pelelangan pun judul video game paling mahal milik Super Mario Bro yang tersegel itu dijual seharga 660 ribu dolar atau setara 9,375 miliar rupiah. Itulah yang membuat lelang video game Heritage akan terus diadakan karena hasilnya yang luar biasa dan menjadi ajang berkumpulnya komunitas  kolektor dan penyuka video game

Itulah informasi mengenai Super Mario 64 dari Super Mario Bros yang perlu kamu ketahui. Video game ini memang memiliki kesan mendalam bagi penggemarnya. Apalagi Super Mario Bros telah menjadi titik sejarah bermulanya video game di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

4 Manfaat Eye Cream, Dapat Cegah Kerutan di Area Mata

Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:05 WIB

Bakal Ganti Nama, Ada Apa dengan Facebook?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB

5 Zodiak Ini Dikenal Paling Pemalas, Kamu Termasuk?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 04:05 WIB
X