Cara Merawat Celana Denim Agar Tahan Lama

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:19 WIB
Celana Denim
Celana Denim

Celana denim menjadi item busana dasar yang hampir semua orang pasti memilikinya. Bagaimana tidak, celana berbahan denim ini sangat bisa digunakan di segala suasana. Selain terlihat simpel, celana denim juga bisa dipadu padankan pada jenis pakaian apapun.

Untuk menjaga ketahanannya, celana denim tentunya harus dirawat secara khusus. Karena jika kamu merawat atau mencucinya secara asal, akan menurunkan kualitas denim bahkan bisa membuat warnanya memudar. Kalau sudah seperti itu, celana denim yang tadinya sangat bagus dan berkesan mahal akan terlihat kurang menarik dan kurang nyaman dipakai.

Maka dari itu, beginilah cara yang tepat untuk merawat celana denim agar tahan lama.

1. Cuci Menggunakan Tangan
Untuk menjaga warna dan bahan, cucilah celana denim menggunakan tangan. Dengan mencuci menggunakan mesin cuci, celana akan tergiling sangat kuat sehingga dapat membuat celana menjadi cepat pudar dan melar. Jadi sebaiknya, cucilah secara manual menggunakan tangan dan cukup menggunakan deterjen secukupnya tanpa menggunakan pemutih.

2. Jangan Mencuci Menggunakan Sikat
Melanjut dari poin sebelumnya, jangan juga mencucinya menggunakan alat bantu sikat. Karena dengan menggunakan sikat tentunya akan merusak dan membuat bahan celana menjadi melar. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah cukup kucek menggunakan tangan dengan perlahan di bagian yang terlihat noda.

3. Memakai Cairan Cuka
Seiring waktu berjalan, celana denim yang kamu punya pastinya akan terlihat kusam dan memudar. Nah untuk mengembalikan tampilan celana seperti baru lagi, rendamlah denim menggunakan air dan campuran cuka. Diamkan selama 30-60 menit dan segera dijemur.

4. Jangan Menjemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung
Hindari menjemur baju di bawah sinar matahari langsung agar bahan tidak cepat pudar dan membuat teksturnya menjadi kasar. Untuk menjemurnya, kamu cukup menggantung celana jeans dengan cara membalikkannya dan diangin-anginkan di teras atau balkon. Cara ini berguna untuk menjaga warna luar pada celana.

Baca Juga: Produk Fashion 'Nyeleneh' Tahun 2020, Jeans Asimetris Hingga Sendal 3 Jari

5. Jangan Setrika Celana Denim
Menyetrika celana denim hanya akan membuat bahan menyusut. Sehingga ketika kamu memakainya akan terasa tidak nyaman dan sesak. Maka dari itu, cara menjemur dengan cara menggantung ini berguna agar celana tidak kusut ketika sudah kering.

6. Simpan Dengan Cara Digantung
Cara menyimpan celana yang benar adalah dengan digantung dan tidak dilipat. Karena jika melipat dan bertumpuk baju lain di lemari akan menghasilkan bekas lipatan di bagian luarnya. Jadi jika sudah selesai dicuci dan kering, kamu cukup menggantung celana denim di lemari pakaian.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: cosmopolitan.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memilih Sabun Muka untuk Jerawat Remaja

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:49 WIB

5 Situs Terbaik untuk Download Video Youtube Jadi MP3

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Empat Penyebab Jerawat Remaja dan Cara Mengatasinya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:56 WIB

Tata Cara Download Lagu MP3 dari Youtube dengan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:33 WIB

Cara Mudah Cek Besaran Pajak Kendaraan Bermotor

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB

Konsep Rumah Ideal di Masa Pandemi, Nyaman dan Sehat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 07:40 WIB

Terpopuler

X