Inilah Fakta Seru Tentang Super Mario Bros yang Perlu Kamu Ketahui

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:28 WIB
Ilustrasi video game Super Mario Bros
Ilustrasi video game Super Mario Bros

Awalnya, karakter Mario muncul ketika Nintendo merilis video game Super Mario Bros pada 13 September 1985. Sosok yang paling bertanggung jawab atas keberadaan karakter Mario di industri gaming saat itu adalah Shigeru Miyamoto. Selain Super Mario Bros, Miyamoto pun ikut serta dalam pembuatan video game The Legend of Zelda. 

Super Mario adalah seri permainan platform yang dibuat oleh Nintendo berdasarkan dan dibintangi oleh tukang pipa fiksi bernama Mario dan Luigi. Bisa disebut sebagai seri Super Mario Bros atau seri Mario saja, inilah seri utama dari waralaba Mario yang lebih besar. Setidaknya satu game Super Mario telah dirilis untuk setiap konsol video game utama milik Nintendo. Ada pula 21 video game serupa dalam seri dan satu game lintas seri, seperti Super Mario World 2: Yoshi's Island, yang mungkin disertakan sebagai bagian dari seri Super Mario World. 

Video game Super Mario Bros dilatarbelakangi Kerajaan Jamur fiksi dengan Mario sebagai salah satu karakter pemain. Mario juga sering bergabung dengan saudaranya, Luigi, dan terkadang oleh anggota lain dari pemeran Mario. Sebagai permainan platform, pemain akan berlari dan melompat melintasi platform dan musuh yang bisa berevolusi tiap level.

Video game pun memiliki plot sederhana, umumnya karakter Mario akan menyelamatkan Putri Peach yang diculik dari antagonis utama, Bowser. Game pertama dalam seri ini, Super Mario Bros., dirilis Nintendo Entertainment System (NES) pada 1985. Saat itu pula, video game tersebut menetapkan konsep dan elemen gameplay inti seri ini, termasuk power-up dan item yang memberi Mario kekuatan khusus seperti melempar bola api dan mengubah ukuran.

Berikut ini beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai Super Mario Bros:

Fakta pertama, meski game Super Mario Bros sangatlah populer, karakter bertopi dan berkumis yang bernama Mario ini hadir pertama kali di game Donkey Kong sebagai Jumpman yang perannya hanya melompat untuk menghindari rintangan yang datang. Dalam game tersebut, profesi Mario juga bukan tukang pipa atau ledeng melainkan sebagai tukang kayu. Alasannya menjadi tukang kayu adalah profesi itu cocok dengan apa yang ditampilkan pada game Donkey Kong, yaitu berlatar konstruksi.

Fakta kedua, Mario yang muncul di video game Super Mario Bros bukan sebagai tukang kayu lagi melainkan tukang pipa atau ledeng, lengkap dengan baju merah biru yang khas serta beragam alat pertukangan yang melekat pada tubuhnya. Profesi tukang pipa itu dirasa lebih cocok ketika karakter ini masuk ke game Super Mario Bros. Apalagi, banyaknya pipa dan jamur dalam game Super Mario Bros yang memunculkan teori unik bahwa adanya jamur-jamur akibat pipa-pipa yang tidak pernah dibersihkan atau diperbaiki. Sehingga, tak salah jika Shigeru Miyamoto menciptakan karakter Mario Bros berprofesi sebagai tukang pipa.

 

Fakta ketiga, Selain sebagai tukang kayu dan tukang pipa, ternyata Mario pernah tampil dengan beragam profesi berbeda. Misalnya, pembalap gokart, atlet, presiden perusahaan mainan, pekerja pabrik, tentara, hingga tukang roti.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Peluncuran Resmi All-New Honda Civic Generasi ke-11

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:10 WIB

6 Ciri Kulit Alergi Produk Makeup, Jangan Diteruskan

Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:20 WIB

6 Titik Semprot Body Spray, Dijamin Wangi Tahan Lama

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:48 WIB

3 Cara Menggunakan Body Spray agar Wangi Tahan Lama

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:39 WIB

Inilah Sejarah Sumpah Pemuda dan Tokoh Pentingnya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Kenali Ciri-Ciri Burnout yang Harus Diwaspadai

Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:07 WIB

Benarkah Minum Air Lemon Berbahaya bagi Ginjal?

Kamis, 28 Oktober 2021 | 04:45 WIB

Penyebab Seorang Pekerja Mengalami Burnout

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB
X