Empat Penyebab Jerawat Remaja dan Cara Mengatasinya

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:56 WIB
Penyebab dan cara mengatasi jerawat puber (Christine)
Penyebab dan cara mengatasi jerawat puber (Christine)

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Jerawat remaja atau yang juga disebut sebagai jerawat puber menjadi salah satu momok bagi para remaja. Jerawat remaja biasanya muncul saat seorang anak memasuki usia 10 sampai 13 tahun.

Memiliki jerawat remaja, tidak jarang memunculkan penurunan kepercayaan diri. Padahal jerawat remaja sangat normal muncul saat masa pubertas. Ternyata menghadapi jerawat remaja terbilang susah-susah gampang. Oleh karena itu Anda harus mengetahui penyebab jerawat remaja dan cara mengatasinya. 

Mengapa jerawat remaja muncul? Bagaimana pula cara mencegah jerawat remaja? Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Jerawat Remaja

Jerawat remaja muncul karena terjadi perubahan kondisi hormon tubuh saat masa pubertas. Perubahan ini yang menjadi penyebab jerawat remaja.

Ketika pubertas, aktivitas hormon testosteron meningkat. Hal ini membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebuh yang menjadi pemicu timbul jerawat remaja

Secara garis besar terdapat empat kondisi yang menjadi penyebab jerawat remaja, yakni: 

1. Sebum Berlebih pada Kulit Remaja

Kondisi sebelum berlebih pada kulit remaja menjadi penyebab jerawat remaja. Pada dasarnya, sebum bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Sayangnya saat pubertas, zaat ini diproduksi secara berlebihan yang akhirnya malah menjadi pemicu jerawat remaja

Bukan hanya jadi pemicu jerawat, kelebihan sebum juga akan menyebabkan kulit berminyak dan berkomedo. 

2. Perubahan Hormon pada Remaja

Selain kelebihan sebum, perubahan kadar hormon juga menjadi kondisi penyebab jerawat remaja. Ketidakseimbangan hormon androgen menjadi penyebab muncul jerawat. Salah satu akibatnya yakni sel kulit akan mengeras.

Hal tersebut akan membuat pori-pori tersumbat sehingga sel kulit mati dan minyak berlebih tidak bisa keluar dan menumpuk sehingga menjadi penyebab timbul jerawat.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Oleskan Perasan Lemon ke Kulit untuk Atasi Jerawat

Halaman:

Editor: Christine A

Sumber: hallosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X