Inilah Syarat Perjalanan KAI 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB
Ilustrasi KAI
Ilustrasi KAI

Pada 28 Agustus 2021, VP Public Relations KAI mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengintegrasikan sebuah aplikasi bernama Peduli Lindungi dengan sistem boarding KAI sejak Juli 2021. Sehingga, aplikasi tersebut yang dikabarkan menjadi salah satu syarat perjalanan bagi seluruh moda transportasi pun sesungguhnya sudah bisa diterapkan.

Integrasi tersebut bertujuan membantu validasi dokumen kesehatan calon pengguna moda transportasi kereta api, yang terwujud melalui kerja sama antara KAI dan Kementerian Kesehatan. Aplikasi Peduli Lindungi yang terintegrasi dengan sistem boarding KAI, bisa mempermudah pelanggan atau calon pengguna moda, memperlancar pemeriksaan dokumen, serta menghindari pemalsuan dokumen.

Terintegrasinya sistem tersebut, data vaksin dan hasil tes COVID-19 baik RT-PCR maupun rapid test antigen calon pengguna moda transportasi di aplikasi Peduli Lindungi bisa muncul pada layar petugas ketika boarding di stasiun. Karena itu, proses pemeriksaan dokumen kesehatan akan lebih cepat. 

Pihak PT KAI juga menambahkan, data vaksin dan hasil tes COVID-19 milik calon pengguna moda pun harus menggunakan NIK yang sama ketika pemesanan tiket dan vaksinasi atau tes COVID-19 agar data tersinkronisasi pada sistem boarding KAI. Klinik atau laboratorium tempat tes RT-PCR atau rapid test antigen juga terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Jika data sudah sesuai dan diunggah oleh penyelenggara ke sistem, data vaksinasi dan hasil tes COVID-19 calon pengguna moda itu pun akan muncul pada layar komputer petugas ketika boarding.

VP Public Relations KAI menegaskan bahwa syarat naik Kereta Api (KA) Jarak Jauh dan KA Lokal mulai 24 Agustus 2021 belum berubah meski sudah ada perubahan status PPKM di hampir seluruh daerah. Persyaratan naik kereta api pun masih sesuai dengan SE Kemenhub.

Berikut ini syarat perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh:

1. Bukti/kartu vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama.

2. Bagi calon penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak bisa menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak bisa mengikuti vaksinasi Covid-19.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

10 Ide Kado Bermakna dan Unik di Hari Natal 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 21:09 WIB

Era 5G, Inilah Masa Depan yang Perlu Kamu Ketahui

Senin, 6 Desember 2021 | 18:15 WIB

Cara Mengatur Spasi di Word, Mudah dan Cepat

Senin, 6 Desember 2021 | 13:45 WIB

10 Ide Hampers Terbaik dan Terbaru untuk Natal 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 12:14 WIB

5 Jenis Filter Instagram untuk Ubah Tampilan Foto

Minggu, 5 Desember 2021 | 23:05 WIB
X