Skin Minimalism, Tren Kecantikan untuk Pancarkan Kilau Alami Kulit

- Senin, 18 Oktober 2021 | 10:28 WIB
Ilustrasi Skin Minimalism (SHUTTERSTOCK  )
Ilustrasi Skin Minimalism (SHUTTERSTOCK )

HARIANHALUAN.COM - Skin minimalism menjadi salah satu tren kecantikan yang kini banyak diperbincangkan.

Skin minimalism atau yang juga disebut skin minimalist ini dianggap dapat memancarkan kilau alami kulit wajah seseorang.

Lantas, apa yang disebut dengan skin minimalism?

Seperti namanya, skin minimalism mengajak seseorang untuk meminimalisir produk yang digunakan.

Hal ini karena skin minimalism bertujuan untuk mendapatkan kulit yang sehat dengan menggunakan produk yang esensial dan benar-benar dibutuhkan untuk wajah.

Hal ini berbeda dengan tren skincare 10 langkah yang sempat popular. Skin minimalism memberikan alternatif yang lebih ekonomis dan berkelanjutan.

Anda diajak untuk mengurangi produk skincare sekaligus meminimalisir tahapannya. Harapannya adalah Anda dapat memancarkan kilau alami kulit.

Baca Juga: Mengenal Kolagen dan 5 Manfaatnya untuk Kecantikan

Anda tetap bisa mendapatkan kulit yang sehat, kenyal, dan glowing meskipun telah mengurangi produk dan tahapan skincare rutin.

Hal ini karena skin minimalism bertujuan untuk merawat permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kusam, tanda penuaan, dan sebagainya, dengan penuh kesadaran.

Selain meminimalisir skincare, skin minimalism juga mengajak untuk mengurangi produk makeup yang digunakan.

Jika dahulu makeup tebal dengan banyak lapisan dianjurkan untuk menutupi cela atau noda pada wajah, maka dalam skin minimalism itu tidak perlu lagi dilakukan.

Lapisan makeup yang tebal dirasa menjadi standar yang tidak realistis, apalagi di media sosial. Oleh karena itu, menggunakan produk makeup yang minimal kini mulai disukai.

Wajah dibiarkan terekspos dengan harapan seseorang lebih percaya diri dengan kondisi kulit dan dengan sadar mengatasinya.

Menariknya, tren skin minimalism ini muncul saat pandemi covid-19. Saat banyak berdiam dan beraktivitas di dalam rumah, orang-orang mulai meninggalkan tahap skincare dan makeup yang berlapis-lapis.

Mereka kemudian beralih dengan memilih sejumlah produk yang dirasa paling dibutuhkan dan esensial. Dari sini, muncullah tren baru dalam dunia kecantikan yakni skin minimalism.

Baca Juga: Manfaat Sirih Cina untuk Kecantikan, Bisa untuk Masker Jerawat

Cara Efektif Melakukan Skin Minimalism

Ada cara efektif melakukan skin minamlism, yakni memilih produk skincare yang paling Anda butuhkan. Cara mudah melakukan skin minimalism ini telah dilakukan oleh banyak orang.

Anda sebaiknya memilih tiga produk skincare dasar yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Tiga produk tersebut yakni:

1. Pembersih

Pembersih berguna untuk mengangkat kotoran serta makeup yang menempel pada wajah. Kulit yang bersih menjadi kunci mendapatkan kulit yang sehat. Menggunakan pembersih menjadi tips melakukan skin minimalism yang pertama.

2. Pelembab

Lanjut yang kedua yakni pelembab. Produk skincare dasar yang satu ini juga harus Anda pilih saat memilih skin minimalism. Mengoleskan pelembab secara rutin merupakan cara ampuh melakukan skin minimalism. Kulit lembab dan sehat adalah dambaan semua orang.

3. Sunscreen

Cara efektif melakukan skin minimalism yang ketiga yakni menggunakan suncreeen atau tabir surya. Produk ini wajib Anda aplikasikan baik beraktivitas di dalam maupun luar ruangan. Sunscreen akan melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, dan kulit kusam dapat dicegah dengan mengaplikasikan tabir surya secara rutin.

Dengan mengaplikasikan skin minimalism, semoga Anda mendapatkan kulit yang sehat dan ternutrisi. Mulailah mengecek kembali skincare dan makeup lalu pilih yang benar-benar Anda butuhkan. Semoga skin minimalism menjadi jawaban atas permasalahan kulit Anda.

Editor: Christine A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Biografi Brian Putra Bastara CEO Haluan Media Group

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:41 WIB

Tips Sehat Ala Pemimpin Perempuan Dunia

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:45 WIB

Apa Benar Kamera Bisa Memotret Foto Penampakan Hantu?

Selasa, 30 November 2021 | 23:05 WIB

Intip 5 Game Terbaik 2021 Versi Google Play

Selasa, 30 November 2021 | 19:05 WIB

PS 5 Diprediksi Bakal Langka! Kenapa?

Selasa, 30 November 2021 | 18:15 WIB
X