Wanita Hamil Boleh Makan Durian, Bisa Cegah Cacat Lahir Calon Bayi

Nova Anggraini
- Selasa, 19 Oktober 2021 | 01:05 WIB
Hamil (Nasfati Sabrina)
Hamil (Nasfati Sabrina)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Durian bisa dikatakan menjadi buah yang paling disukai dan digemari di Asia Tenggara. Tekstur buah yang lembut, rasanya yang manis dan baunya yang menyengat membuat durian menjadi buah favorit untuk sebagian orang. Selain rasanya yang lezat, durian kaya nutrisi, seperti folat, kalsium, serat, magnesium, niasin, tiamin, vitamin A, C, E dan nutrisi lainnya.

Meski lezat dan bernutrisi, ibu hamil mungkin merasa khawatir bahaya durian karena buah ini cenderung tinggi gula. Lantas, bolehkah ibu hamil mengonsumsi durian?

Jangan khawatir, ibu hamil tetap boleh kok makan durian. Durian bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil karena kandungan nutrisinya. Asam folat dalam durian berfungsi mencegah cacat lahir pada calon bayi. Serat yang ada pada durian juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang berisiko mengalami sembelit.

Tidak hanya itu, durian juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti mikroba, sehingga masih aman dikonsumsi selama kehamilan. Kandungan antioksidan dalam durian membuat ibu hamil bisa terlindungi dari serangan radikal bebas dan polutan. Meski banyak manfaatnya, ibu tetap harus mengatur porsi saat makan durian.

Selama kehamilan, ibu disarankan mengonsumsi durian dalam jumlah sedang saja. Makan durian secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan calon bayi. Ukuran bayi yang terlalu besar berisiko menyulitkan ibu selama proses persalinan. Hal ini karena durian memiliki jumlah kalori dan gula yang cukup tinggi. Normalnya, kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar antara 12-16 kilogram.

Makan durian saat hamil boleh-boleh saja asalkan masih dalam porsi yang wajar. Lebih lengkapnya, kalau ibu ingin bertanya seputar kehamilan lebih mendalam, hubungi dokter lewat Halodoc. Caranya mudah, cukup download di smartphone kamu saja, ya!

Tips Makan Durian bagi Ibu Hamil
Ada beberapa tips mengonsumsi durian agar kehamilan tetap berjalan normal dan tidak mengganggu perkembangan bayi. Makan durian secukupnya, yaitu tidak lebih dari 2 potong. Selain itu, hindari mengonsumsi durian terlalu sering. Pilih durian yang tidak kematangan dan tidak memiliki daging tebal. Durian yang terlalu matang dan tebal dapat meningkatkan kolesterol. Jangan lupa untuk banyak minum air putih setelah konsumsi durian.

Ibu hamil yang mengidap kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional, punya riwayat keluarga diabetes, mengalami obesitas tidak disarankan untuk mengonsumsi durian. Selain itu, ibu hamil yang memasuki trimester ketiga juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi durian.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Biografi Brian Putra Bastara CEO Haluan Media Group

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:41 WIB

Tips Sehat Ala Pemimpin Perempuan Dunia

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:45 WIB

Apa Benar Kamera Bisa Memotret Foto Penampakan Hantu?

Selasa, 30 November 2021 | 23:05 WIB

Intip 5 Game Terbaik 2021 Versi Google Play

Selasa, 30 November 2021 | 19:05 WIB

PS 5 Diprediksi Bakal Langka! Kenapa?

Selasa, 30 November 2021 | 18:15 WIB
X