Waspada! Kanker Juga Bisa Serang Organ Intim Pria, Kenali Gejalanya

Nova Anggraini
- Selasa, 19 Oktober 2021 | 04:15 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Anjuran untuk melakukan hubungan seksual secara sehat dan aman sebaiknya jangan kamu abaikan. Pasalnya, selain berisiko terkena penyakit menular seksual, hubungan seksual yang tidak sehat juga disebut-sebut bisa menyebabkan kanker penis, lho.

Kanker penis tentu saja merupakan momok yang menakutkan bagi para pria. Bagaimana tidak, penyakit yang menyerang organ vital ini bisa memengaruhi performa seksual pria. Yuk, cari tahu penyebab kanker penis di sini.

Mengenal Kanker Penis

Kanker penis adalah pertumbuhan sel-sel kanker ganas yang ditemukan pada kulit atau dalam jaringan penis. Jenis kanker ini sering dikaitkan dengan riwayat tindakan medis yang tidak tepat yang pernah dilakukan untuk mengatasi kulit kulup yang terlalu ketat atau fimosis. Selain itu, pria yang baru disunat di usia dewasa juga disebut-sebut berisiko mengalami kanker penis.

Jenis kanker penis yang paling umum adalah squamous cell carcinoma (SSC), yang ditemukan dalam 95 persen kasus kanker penis. Namun, ada juga jenis kanker penis non-squamous yang jarang terjadi, antara lain karsinoma Merkel cell, karsinoma sel kecil, melanoma, limfoma, dan lain-lain.

Penyebab Kanker Penis

Penyebab kanker penis belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Namun, pria yang belum disunat dipercaya berisiko tinggi mengalami jenis kanker ini. Ini karena, urine bisa saja terperangkap dalam kulup yang bila tidak dibersihkan bisa berkontribusi pada pertumbuhan sel kanker.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa pria yang terpapar dengan jenis human papillomavirus (HPV) tertentu lebih rentan terkena kanker penis.

Faktor Risiko Kanker Penis
Selain faktor penyebab di atas, ada juga beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya kanker penis. Salah satunya adalah hubungan seksual yang tidak sehat, seperti memiliki banyak pasangan seksual. Hal ini karena hubungan seksual yang tidak sehat bisa memicu terjadinya penyakit menular seksual. Bila tidak ditangani dengan benar, penyakit menular seksual juga diduga bisa berkembang menjadi kanker penis.

Berikut ini faktor risiko kanker penis lainnya:

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Biografi Brian Putra Bastara CEO Haluan Media Group

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:41 WIB

Tips Sehat Ala Pemimpin Perempuan Dunia

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:45 WIB

Apa Benar Kamera Bisa Memotret Foto Penampakan Hantu?

Selasa, 30 November 2021 | 23:05 WIB

Intip 5 Game Terbaik 2021 Versi Google Play

Selasa, 30 November 2021 | 19:05 WIB

PS 5 Diprediksi Bakal Langka! Kenapa?

Selasa, 30 November 2021 | 18:15 WIB
X