5 Top List Makanan dan Minuman Manis yang Sehat dan Bergizi

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:10 WIB
Makanan manis
Makanan manis

Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi para penderita diabetes, makanan manis menjadi suatu pantangan terbesar yang harus dihindari.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata makanan manis menjadi sumber makanan yang sehat bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Karena, gula yang dikonsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi energi yang kita butuhkan untuk beraktivitas sehari-hari.

Untuk kita, tentunya kita masih memerlukan mengkonsumsi makanan yang manis namun dengan porsi yang secukupnya. Agar bisa mendapatkan sumber makanan dengan rasa yang manis secara tepat, berikut ini terdapat 7 top list makanan manis yang sehat dan juga bergizi.

1. Jus Buah
Pertama, kamu bisa mengkonsumsi minuman manis dari jus buah. Jus buah dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang sama baiknya dengan buah utuh, tapi tidak memiliki kandungan serat. Jus buah yang sehat pastinya terbuat dari buah asli dna bukanlah jus buah kemasan. Karena jus buah kemasan ini sudah ditambahkan dengan gula yang cukup banyak.

Jika kamu ingin mendapatkan jus buah yang sehat, kamu bisa membuatnya sendiri dari rumah dengan menggunakan buah asli. Untuk menambahkan rasa manisnya, kamu bisa menggunakan madu secukupnya.

2. Kue Kering Tanpa Kandungan Tepung
Selanjutnya adalah kue kering yang tidak mengandung tepung. Kue kering yang biasa dijual di pasar biasanya menggunakan tepung serta gula yang kurang terkontrol. Kedua kandungan tersebut tentunya akan menambah kalori di dalam tubuh.

Namun tenang saja, kamu masih bisa mengkonsumsi kue kering dengan mengganti tepung menjadi gandum atau oat dan campuran buah pisang sebagai pengganti gula. Atau jika kamu ingin membuat kue kering versi sehat dengan rasa yang manis, kamu bisa menambahkan potongan kacang, buah, serta pemanis buatan. Pemanis buatan diketahui memiliki rasa manis yang cukup kuat serta dengan kalori yang rendah. Jadi dengan menambah sedikit pemanis buatan akan menambahkan rasa manis yang cukup kuat.

3. Es Krim Buah
Ketiga adalah es krim buah yang bisa kamu buat sendiri menggunakan buah-buahan asli seperti mangga, stroberi, pisang, dan lainnya. Caranya pun cukup mudah loh, pertama potong buah menjadi bentuk dadu lalu masukkan ke dalam lemari pembeku atau freezer. Selanjutnya, blender buah beku tersebut dengan menambahkan susu atau krim yang rendah lemak. Jika sudah tercampur dan sudah bertekstur seperti jus, simpanlah ke dalam freezer.

Es krim buah yang sudah kamu buat sudah tidak perlu ditambah dengan gula. Karena rasa manis sudah bisa didapatkan dari buah-buahan. Rasa dari es krim buah ini pastinya sangat segar, manis, dan juga sangat sehat.

Baca Juga: Unik Nih! Es Krim Sayur, Cara Baru Agar Anak Konsumsi Sayuran

4. Keripik Buah
Jika tadi kamu menggunakan buah untuk membuat es krim, kali ini kamu bisa menggunakannya sebagai keripik. Buah-buahan yang bisa kamu buat untuk dijadikan keripik antara lain apel, pear, mangga, dan lainnya.

Untuk membuat keripik buah ini, kamu bisa memotong tipis buah yang akan digunakan lalu panggang menggunakan oven atau microwave. Jika sudah, tambahkan bubuk kayu manis untuk menambahkan cita rasanya.

5. Susu Cokelat
Makanan manis yang sehat dan bergizi terakhir bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi susu coklat. Susu memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, sudah banyak juga produk susu coklat yang rendah lemak yang sudah dijual di pasaran. Serta kandungan fortifikasi zat gizi yang terdapat dalam susu coklat akan memperkaya kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Itu tadi adalah sumber makanan manis dan sehat yang bisa kamu konsumsi tanpa khawatir tentang masalah kesehatan. Asalkan dikonsumsi dengan porsi yang wajar, tentunya makanan dan minuman tersebut akan bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Tren besitas dan Diabetes di RI Meningkat, Minuman Manis akan Dikenai Cukai?

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Sehatq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Daftar Spotify Premium

Kamis, 2 Desember 2021 | 18:55 WIB

Biografi Brian Putra Bastara CEO Haluan Media Group

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:41 WIB
X