Sebagai Referensi, Inilah Pengalaman Karyawan PT KAI dalam Rekrutmen

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB
Ilustrasi KAI
Ilustrasi KAI

Sebelumnya, pihak PT KAI pernah mengungkapkan bahwa rekrutmen karyawan untuk perusahaan berpelat merah di bidang perkeretaapian ini bisa melalui acara job fair yang tentunya diumumkan pula di situs resmi https://recruitment.kai.id.

Terkait hal itu, ada seorang karyawan yang membagikan pengalamannya dalam proses rekrutmen PT KAI. Setelah gagal di job fair ITS ke-29, dia akhirnya lolos melalui job fair ITS ke-30.

Dengan mempersiapkan kesehatan fisik maupun kesiapan dalam tes tertulis, dia bisa menjalani tahap seleksi hingga tiba wawancara untuk rekrutmen PT KAI. Pengalamannya itu pun bisa dijadikan referensi bagi masyarakat. 

Setelah lulus tahap wawancara, dia pun mengaku baru mengetahui PT KAI bertransformasi menjadi penyedia jasa perkeretaapian dengan layanan prima kepada penumpang. Bahkan, menurut Direktur Utama PT KAI perusahaan kereta api di Indonesia setara kualitasnya dengan perusahaan Malaysia dan Singapura.

Transformasi itu bermula dari tahun 2009 yang mengubah PT KAI menjadi BUMN dengan tren profit yang meningkat setiap tahun, dan berimbas terhadap kesejahteraan para karyawan.

Dia pun menceritakan pada job fair ITS ke-30 itu, EVP Daerah Operasi 8 Surabaya mengungkapkan adanya rencana pengembangan kereta api di masa depan di luar Pulau jawa dan makin besarnya tantangan kerja PT KAI sehingga perusahaan membutuhkan dukungan kualitas SDM yang berkualitas.

Berikut ini tahapan masuk PT KAI untuk jenjang pendidikan D3/S1:

 

  1. Tes kesehatan awal
  2. Tes wawancara
  3. Tes psikotest
  4. Tes kesehatan akhir (Uji Lab)

Sekadar catatan, di beberapa acara job fair terkadang poin 2 dan 3 saling bertukar bergantung pada kondisi rekrutmen saat itu.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X