Dampak Buruk Akibat Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 00:32 WIB
Dampak Makanan dan Minuman Manis
Dampak Makanan dan Minuman Manis

Makanan manis tentu menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Berbagai sumber makanan atau minuman manis tentunya bisa dengan mudah kamu dapat, seperti dari es krim, kue, minuman bersoda, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Untuk tubuh sendiri, asupan gula diperlukan untuk mengubahnya menjadi energi. Maka dari itu, dalam sehari tubuh masih membutuhkan glukosa agar badanmu tidak lemas. Namun, ada baiknya makanan dan minuman dengan rasa manis ini tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, terdapat dampak buruk yang akan menimpa tubuh di kemudian hari. Apa saja dampaknya?

1. Obesitas
Salah satu dampak buruk akibat terlalu banyak konsumsi gula berlebihan adalah obesitas.

Obesitas adalah kelebihan berat badan dari akibat menumpuknya kadar gula yang berlebih dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko resistensi leptin. Leptin yaitu protein yang terbuat di dalam sel selam, berada di aliran darah, dan disalurkan ke otak.

Protein akan membuat hormon penanda bahwa kamu sedang lapar ataupun kenyang. Sedangkan untuk resistensi leptin adalah yang membuat otak mengalirkan sinyal kalau kamu belum merasa kenyang meski sudah makan dengan porsi yang banyak.

2. Diabetes tipe 2
Sudah tidak dipungkiri kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa mendatangkan risiko diabetes.

Bagi memiliki berat badan yang berlebih, hati-hati jika sering makan atau minum dengan rasa yang manis. Karena berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Biasanya, berat badan akan bertambah ketika tubuh telah mendapatkan lebih banyak kalori dari yang seharusnya dibutuhkan.

Selain terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis, jarang berolahraga dan minum air putih juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit ini.

3. Sakit Jantung
Dilansir dari hellosehat.com, penelitian yang dirangkum dalam JAMA Internal Medicine mengatakan bahwa mengkonsumsi gula 17-21% dari total kalori dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Minuman manis yang sering kamu konsumsi dapat meningkatkan tekanan darah serta diet tinggi gula yang bisa merangsang hati membuang lebih banyak lemak ke aliran darah. Selain itu, faktor ini juga diketahui akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun alasan mengapa terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat merusak jantung juga masih dalam penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Rokok Pemicu Utama Resiko Sakit Jantung

4. Jerawat
Selain berdampak buruk bagi tubuh, makanan atau minuman manis juga menjadi penyebab pertumbuhan jerawat di muka. Karena kadar insulin yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mempengaruhi kondisi kulit. Selain itu konsumsi gula, jarang menjaga kebersihan diri juga menjadi salah satu faktornya.

5. Kerusakan Pada Gigi
Dari kecil pastinya kamu diingatkan jika terlalu banyak makan gula akan merusak gigi. Hal itu ternyata benar adanya. Sebab, bakteri dalam plak memanfaatkan gula sebagai energi dan melepaskan asam sebagai produk limbah. Hal ini dapat melarutkan email gigi secara bertahap sehingga membuat karies gigi.

Itu tadi adalah dampak buruk akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula. Semoga kamu bisa memperhatikan porsi makan dan kadar kandungan yang terdapat didalamnya agar tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: Dear Penderita Diabetes Tipe 2, Ini 8 Reaksi Tubuh Saat Gula Darah Rendah

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Hello Sehat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X