Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB
Kebiasaan Makan Makanan Manis
Kebiasaan Makan Makanan Manis

Mengkonsumsi makanan yang manis tidaklah selamanya buruk asal tetap sesuai dengan porsinya. Tetapi bagi para penderita sugar craving, biasanya mereka memiliki keinginan yang berlebih untuk mengkonsumsi makanan atau minuman manis walau sedang tidak merasa lapar. Jika dibiarkan, mengkonsumsi gula yang berlebih tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Keinginan mengkonsumsi makanan manis yang berlebih menjadi salah satu faktor kalau sedang terjadi sesuatu pada diri, misalnya stress. Jika kamu sedang mengalami hal ini dan sulit untuk menghindari untuk tidak makan manis, berikut terdapat tips yang bisa kamu coba.

1. Perbanyak Makan Buah
Cara pertama adalah cobalah untuk mencari pengganti camilan manis dengan makanan lain seperti buah. Buah-buahan dikenal memiliki rasa manis secara alami, sehingga kamu tetap bisa makan-makanan manis yang sehat dan bergizi. Selain itu, buah yang segar juga memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk mengontrol nafsu makan.

2. Perbanyak Makan Serat
Selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang berserat. Kandungan serat yang masuk ke dalam tubuh akan membuat kamu kenyang lebih lama, jadi keinginan kamu untuk mengkonsumsi makanan manis menjadi sedikit berkurang. Asupan serat bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi gandung, biji-bijian, kacang, buah, serta sayur-sayuran.

Baca Juga: Ingat, Anak Usia di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Terlalu Banyak Diberi Asupan Serat

3. Menjaga Pola Makan yang Teratur
Mulailah memperbaiki pola makanmu dengan membiasakan diri makan setiap 4 sampai 6 jam sekali. Karena jika makan disaat keadaan lapar, biasanya kamu tidak bisa mengontrol porsi makan sehingga akan menyebabkan gula yang berlebih. Dengan makanan yang teratur, porsi makanmu akan tetap terjaga sehingga asupan yang masuk ke dalam tubuh juga tidak berlebihan.

4. Tidur yang Cukup (Sleep Hygiene)
Masalah tidur juga bisa membuat kamu selalu ingin mengkonsumsi makanan manis. Maka dari itu, cobalah untuk tidur 7 sampai 9 jam perharinya. Dengan kualitas tidur yang baik akan menghindari kamu untuk ngemil makanan manis.

5. Mengelola Stres
Ketika sedang stres, kamu menjadi lebih sulit untuk mengontrol nafsu makan sehingga membuat asupan gula yang masuk ke dalam tubuh sangat berlebih. Maka dari itu, cobalah untuk mengontrol stres mu dengan merilekskan pikiran. Kamu bisa mengurangi rasa stres dengan cara menonton film seru, berjalan-jalan, olahraga, atau dengan istirahat yang cukup. Selain itu, hindarilah hal-hal yang bisa membuat pikiran menjadi stres seperti halnya sosial media atau berita di tv.

6. Mengurangi Makan Manis
Cara terakhir mungkin sedikit susah bagi kamu yang memiliki kebiasaan makan manis. Tetapi cara ini tetap harus kamu lakukan. Kamu tidak harus secara ekstrim untuk langsung tidak mengkonsumsi makanan manis sama sekali. Caranya adalah, cukup batasi camilan manis misalnya hanya boleh 1 batang coklat dalam sehari. Jika berhasil, cobalah untuk menguranginya sampai kamu benar-benar terbiasa.

Baca Juga: Dampak Buruk Akibat Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Alo Dokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X