3 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengkonsumsi Makanan Manis

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:28 WIB
Manfaat Makanan Manis
Manfaat Makanan Manis

Selain rasanya yang enak, makanan manis jika dimakan sesuai dengan porsinya juga akan mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh.

Makanan dengan rasa yang manis ini tidak selamanya akan berefek buruk bagi tubuh. Asupan gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi sehingga membuat tubuh menjadi tidak lemas. Rasa manis ini tentunya bisa kamu peroleh dari banyak sumber makanan, seperti buah-buahan, berbagai jenis gula, minuman, nasi, dan lainnya.

Terdapat 3 alasan mengapa kamu harus tetap mengkonsumsi makanan manis. Antara lain:

1. Menjadi Sumber Energi
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa asupan gula menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang akan berfungsi untuk mengalirkan melalui saluran darah ke sel-sel tubuh yang nantinya akan diubah menjadi energi.

Tetapi tidak semua sel dalam tubuh memerlukan glukosa, seperti halnya sel pada otot dan hati akan menyimpan glukosa sebagai cadangan energi. Glukosa yang tersimpan nantinya akan digunakan sebagai cadangan makanan jika tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh atau ketika tubuh kekurangan energi.

Baca Juga: 5 Top List Makanan dan Minuman Manis yang Sehat dan Bergizi

2. Dapat Meningkatkan Mood
Banyak studi yang mengatakan bahwa makanan manis dapat membawa perubahan kimiawi di otak. Makanan manis dapat membuat otak melepaskan hormon serotonin sehingga membantu untuk menstabilkan suasana hati dan mencegah datangnya depresi.

Selain itu, makanan manis juga bisa mengaktifkan pusat kesenangan pada otak, serta meningkatkan produksi hormon dopamin. Jadi kalau kamu sedang bad mood atau melewati hari yang buruk, cobalah konsumsi makanan manis seperti coklat atau es krim untuk memperbaiki mood mu.

3. Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Makanan manis juga menjadi salah satu bahan bakar pada otak. Ketika kamu mengkonsumsi makanan yang manis dapat meningkatkan daya ingat, mempercepat proses berpikir, serta meningkatkan konsentrasi. Tetapi simpanan glukosa dalam hati dan otot, tubuh hanya akan menggunakan lemak dan protein untuk mendapatkan energi. Namun ketika lemak dan protein habis, tubuh akan menggunakan otot sebagai asupan tenaga.

Itu tadi adalah 3 alasan mengapa kamu harus tetap mengkonsumsi makanan yang manis. Asal dikonsumsi pada batas yang wajar, makanan manis ini tidak akan berdampak buruk bagi tubuh.

Baca Juga: Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Halodoc

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X