Selain Gula, Inilah 7 Bahan Makanan Manis yang Bisa Kamu Gunakan

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:57 WIB
Bahan Makanan Manis
Bahan Makanan Manis

Gula menjadi salah satu sumber rasa manis yang sering digunakan ketika sedang membuat makanan, seperti kue, minuman, hingga masakan sehari-hari.

Namun ternyata, terlalu banyak mengkonsumsi gula akan berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah penyakit diabetes akibat terlalu sering makan makanan yang manis.

Untuk membuat makanan yang sehat namun tetap memiliki rasa yang manis, terdapat bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan gula. Apa saja bahan-bahannya? Simak ulasan berikut ini.

1. Madu
Madu menjadi salah satu bahan pemanis alami yang sering digunakan untuk membuat berbagai jenis olahan makanan. Salah satu hal yang membuat madu memiliki lebih banyak manfaat daripada gula adalah madu tidak meningkatkan gula dalam darah dalam waktu yang singkat. Selain itu, madu menawarkan sekitar 132 mg potassium yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan. Untuk madu yang mentah memiliki kandungan vitamin B dan C yang baik untuk imunitas tubuh.

Baca Juga: Tantangan Makan Madu Beku Viral di TikTok, Bahayakah?

2. Asam Sulfat Potassium
Asam sulfat potassium adalah salah satu jenis pemanis buatan yang sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) dari tahun 1988 sampai saat ini. Kamu bisa menggunakan bahan ini sebagai pengganti gula.

3. Agave Nectar
Agave nectar memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Selain itu, bahan ini dapat mengurangi sensitivitas insulin yang tidak meningkatkan gula darah secara drastis. Agave nectar dibuat dari tanaman tequila dengan proses pembuatan yang cukup lama. Bahan ini memiliki kandungan kalori yang hampir sama dengan madu, namun bedanya agave nectar tidak memiliki antioksidan.

4. Stevia
Stevia adalah bahan pemanis yang berasal dari daun yang disebut glikosida. Stevia dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dna level gula dalam darah. Selain itu, stevia juga bebas dari kalori, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet.

5. Sukanat
Sukanat terbuat dari tebu yang diambil sarinya dan dipanaskan sampai kering. Setelah itu, hasilnya akan membuat tekstur seperti kristal dan membuat butiran coklat berwarna gelap. Sukanat memiliki kandungan kalsium, vitamin A dan B6, serta potassium dan khrom.

6. Sucralose
Dilansir dari hellosehat.com, sucralose menjadi bahan pemanis yang sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes atau yang sedang melakukan program diet. Karena sucralose tidak memiliki kalori karbohidratnya.

7. Sirup Jagung Fruktosa
Terakhir terdapat sirup jagung fruktosa, yaitu fruktosa dan glukosa yang berasal dari sirup jagung yang diproses. Bahan ini biasanya dipakai sebagai pengganti pemanis buatan, karena dianggap lebih sehat. Namun jika dikonsumsi berlebihan, akan meningkatkan risiko obesitas.

Baca Juga: Tips Makan Enak Saat Imlek Tanpa Naikin Gula Darah

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: hellosehat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X