Bakal Ganti Nama, Ada Apa dengan Facebook?

Rahma Nurjana
- Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB
Logo Facebook. (Foto: dok iNews)
Logo Facebook. (Foto: dok iNews)

NEW YORK, HARIANHALUAN.COM - Kabar mengejutkan datang dari media sosial Facebook. Raksasa teknologi, Facebook, dikabarkan akan mengganti nama perusahaan. Nama baru dipilih untuk mencerminkan fokus perusahaan dalam membangun platform metaverse.

CEO Mark Zuckerberg akan mengumumkan perubahan nama tersebut pada konferensi tahunan 'Connect' pada 28 Oktober 2021. Demikian disampaikan dari sumber yang menolak disebut namanya.

Namun, kabar terbaru menyebut ada kemungkinan pengumuman nama baru Facebook akan dilakukan lebih cepat, dengan harapan segera dapat dikenal sebagai perusahaan yang tidak hanya sekadar bergerak di jejaring media sosial.

Dikutip dari iNews, Jumat (22/10/2021), pergantian nama ini diperkirakan bakal memposisikan aplikasi 'Facebook' berada di bawah perusahaan induk, sejajar dengan Instagram, WhatsApp, Oculus dan sebagainya.

Mengenai hal ini, juru bicara Facebook masih belum memberikan komentarnya. "Kami akan secara efektif (memulai) transisi untuk mengubah cara pandang masyarakat melihat kami tidak sebagai perusahaan media sosial, tetapi menjadi perusahaan metaverse," kata Zuckerberg pada bulan Juli 2021 lalu, dilansir The Verge, Selasa (19/10/2021).

Tak hanya menggarap jejaring media sosial, perusahaan Facebook telah membangun perangkat keras untuk konsumen berupa kacamata 'Augmented Reality/AR', yang diyakini bakal beredar secara luas di masa depan layaknya smartphone.

Sampai saat ini belum ada bocoran apa nama baru yang bakal disandang oleh Facebook. Namun, The Verge menduga nama baru perusahaan bakal dikaitkan dengan nama 'Horizon'.

Belakangan, perusahaan tengah menggarap sebuah platform gim virtual reality (VR) yang tengah dikembangkan bernama 'Horizon Worlds', serta tempat kerja virtual yang masih berbentuk versi demo bernama 'Horizon Workrooms'.

Pada dasarnya gagasan 'metaverse' telah lama diajukan Zuckerberg sebagai bentuk masa depan internet di mana seseorang tidak lagi diharuskan untuk bertemu secara fisik. Kendati belum dikenal publik secara luas, Zuckerberg meyakini ide 'metaverse' bakal sukses ke depannya.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X