4 Khasiat Tanaman Jahe, Cegah Mual hingga Lindungi dari Kanker

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 07:03 WIB
Ilustrasi jahe
Ilustrasi jahe

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Siapa yang tidak kenal dengan jahe. Salah satu bumbu masak ini, juga populer digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Khasiat tanaman satu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mengobati pilek, mual, radang sendi, migrain, hingga hipertensi.

Melansir laman Medical News Today, sebuah penelitian menyelidiki popularitas herbal dari tanaman jahe sebagai pengobatan pilek atau flu. Setelah mensurvei 300 pelanggan apotek di dua lokasi berbeda, para peneliti menentukan bahwa 69% dari mereka yang disurvei menggunakan obat herbal dan sebagian besar kelompok ini menganggapnya efektif.

Selain memiliki banyak nutrisi, tanaman jahe menjadi salah satu obat alternatif bagi sebagian orang karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami. Berikut manfaat lain yang dapat diberikan oleh tanaman jahe, seperti dilansir dari Sindo News, Jumat (22/10/2021).

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan phenolic dalam tanaman jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Tanaman ini juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Mengurangi Rasa Mual

Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, salah satu manfaat lain tanaman jahe yaitu dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Sindo News

Tags

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB
X