Kunyit | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi manfaat kunyit
Ilustrasi manfaat kunyit

ecara umum, tanaman kunyit merupakan rempah berwarna jingga kekuningan yang berkhasiat sebagai bumbu masak serta obat herbal sejak rbuan tahun lalu. Kunyit pun bisa disebut juga turmeric, atau saffron India. 

Pada akar tanaman kunyit, terdapat zat aktif curcumin. Penemuan zat aktif ini diketahui sejak dua abad silam, dan diklaim sebagai bahan terapeutik alami. Bahkan, para ahli menyakini bahwa masih banyak khasiat dari kunyit yang belum diketahui.

Zat curcumin dalam kunyit merupakan polifenol aktif yang paling banyak terkandung dalam kunyit. Curcumin bersifat antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, serta berperan dalam penyembuhan luka.

Curcumin juga yang menyebabkan warna jingga kekuningan pada kunyit. Jika seseorang meminumnya, antioksidan dalam curcumin pun akan meningkatkan fungsi dan kapasitas antioksidan alami di tubuh.

Sejumlah studi telah membuktikan bahwa curcumin berkhasiat mengatasi gejala artritis, serta mengurangi risiko kanker, kardiovaskular, dan radang usus besar (inflammatory bowel disease). Zat curcumin pun bisa menghambat kerja beberapa patogen, seperti bakteri Helicobacter pylori, penyebab infeksi lambung.

Selain curcumin, kunyit juga banyak mengandung demothxycurcumin, bisdemothxycurcumin, resin, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, serta minyak atsiri.

Berikut ini khasiat kunyit secara umum yang perlu kamu ketahui:

1. Redakan gejala radang dan reaksi alergi

Zat aktif curcumin diyakini berperan menghambat kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi di tubuh. Dalam 1 sdt ekstrak bubuk kunyit, biasanya terdapat 200 mg zat curcumin.

Jadi, zat curcumin akan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi senyawa kortison atau pereda inflamasi alami di kelenjar adrenal. Histamin adalah zat kimiawi yang diproduksi tubuh sebagai respons alergi atau infeksi. 

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Pindah 'Kasur' Sulit Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Kamis, 9 Desember 2021 | 01:55 WIB

6 Penyebab Miss V Hitam yang Wajib Wanita Ketahui

Rabu, 8 Desember 2021 | 22:47 WIB

Awas! Deodoran Bisa Picu Kanker Payudara

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:15 WIB

Awas! Ini Bahaya Jika Sering Kirim Foto Lewat HP

Rabu, 8 Desember 2021 | 02:05 WIB

Fitur Baru TikTok Ini Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:15 WIB
X