Kayu Manis - Cengkih | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:40 WIB
Ilustrasi manfaat kayu manis dan cengkih
Ilustrasi manfaat kayu manis dan cengkih

Kayu Manis

Menurut jurnal ilmiah di Hindawi, kayu manis mengandung antioksidan polifenol yang sangat banyak. Kandungan antioksidannya bisa lebih tinggi ketimbang cengkih dan oregano. Para ahli pun menyatakan bahwa semua khasiat kayu manis bisa diperoleh dari rebusannya yang diminum hangat maupun dingin.

Kayu manis umumnya merupakan jenis rempah Indonesia yang digunakan sebagai penambah aroma masakan. Jenis rempah yang berasal dari kulit kayu pohon Cinnamomum ini pun diklaim bisa memperkuat daya imunitas tubuh.

Selain itu, berikut ini khasiat kayu manis yang perlu kamu ketahui:

1. Kurangi efek PCOS

PCOS (polycystic ovarian syndrome) atau sindrom ovarium polikista adalah kelainan hormonal yang mengakibatkan ovarium membesar dengan kista lebih di bagian tepi luar. PCOS Awareness Association menyatakan bahwa rebusan kayu manis yang dicampurkan madu bisa membantu mengurangi efek PCOS tersebut. Tak hanya itu, hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal Fertility and Sterility pun membuktikan bahwa sari kayu manis bisa mengurangi resistensi insulin pada wanita pengidap PCOS. 

2. Tingkatkan imunitas tubuh

Kandungan antioksidan polifenol dan proantosianidin dalam kayu manis bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Rebusan kayu manis diyakini bisa mengurangi kemungkinan timbulnya bahaya kesehatan, seperti gejala gangguan pernapasan dan masalah jantung.

Sejak dahulu, khasiat kayu manis ikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Pasien pengidap diabetes tipe 2 disarankan mengonsumsi 1 gram atau setengah sendok teh rebusan kayu manis setiap hari untuk memperlancar peredaran darahnya. Selain itu, kayu manis pun berkhasiat untuk mengendalikan kolesterol jahat. 

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Pindah 'Kasur' Sulit Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Kamis, 9 Desember 2021 | 01:55 WIB

6 Penyebab Miss V Hitam yang Wajib Wanita Ketahui

Rabu, 8 Desember 2021 | 22:47 WIB

Awas! Deodoran Bisa Picu Kanker Payudara

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:15 WIB

Awas! Ini Bahaya Jika Sering Kirim Foto Lewat HP

Rabu, 8 Desember 2021 | 02:05 WIB

Fitur Baru TikTok Ini Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:15 WIB
X