Yuk Mulai Diet Sehat Ala Ahli Gizi, Simak Tipsnya

Milna Miana
- Minggu, 24 Oktober 2021 | 07:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di masa pandemi Covid-19, gaya hidup sehat menjadi sangat penting bagi setiap orang. Selain rutin berolahraga, seseorang juga harus bisa menjaga pola makan yang baik dan benar. Tentu melalui gizi yang seimbang.

Untuk itulah diet yang baik juga perlu dilakukan. Bagaimana caranya? Dr. Mirza HST Penggalih, S.Gz, M.PH, RD dari Departemen Gizi Kesehatan FKKMK universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan penjelasan.

Baca Juga: Sedang Diet? Jangan Kebablasan, Kenali Tanda-tanda Tubuh Alami Malnutrisi

Menurut Mirza, diet sebenarnya adalah bagaimana kita memberi makanan sesuai dengan kebutuhan kita. Sesuai tentunya akan bermacam-macam.

Baik sesuai dengan AKG (Angka Kecukupan Gizi) ataupun bisa jadi sesuai dengan seseorang yang memiliki kondisi tertentu misalnya mempunyai hipertensi atau diabetes.

Baca Juga: Diet Tanpa Menderita, Adele Sukses Turun Berat Badan 45 Kg

"Jadi, diet itu tidak melulu identik dengan mengurangi atau membatasi makanan. Tapi tetap disesuaikan," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM melalui Kompas.com, Minggu (24/10/2021).

"Bisa jadi disesuaikan itu dilebihkan, misal dengan orang-orang yang mempunyai aktivitas fisik lebih banyak termasuk pada golongan atlet, disesuaikan dietnya justru dilebihkan. Itu makna diet sebenarnya seperti apa," terangnya.

Dikatakan, masyarakat mengenal diet identik dengan menurunkan berat badan dan dengan banyak cara, namun pada prinsipnya adalah kembali pada keseimbangan energi dan mengurangi apa yang dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB

5 Ciri Pensil Alis Kedaluwarsa, Jangan Gunakan Lagi

Kamis, 25 November 2021 | 23:09 WIB
X