Mengenal Jerawat Kistik atau Jerawat Batu, Ini 5 Penyebabnya

- Senin, 25 Oktober 2021 | 13:36 WIB
Ilustrasi Jerawat Kistik atau Jerawat Batu (Boldsky)
Ilustrasi Jerawat Kistik atau Jerawat Batu (Boldsky)

HARIANHALUAN.COM - Jerawat kistik atau jerawat batu merupakan jenis jerawat yang berat.

Jerawat kistik atau jerawat batu dapat mengganggu penampilan. Biasanya cystic acne memiliki bentuk yang cenderung kebih besar, keras, dan merah.

Selain itu jerawat kistik atau jerawat batu membuat tidak nyaman karena lebih sakit dan gatal jika dibandingkan dengan jenis jerawat yang lain.

Jerawat kistik atau jerawat batu berkembang ketika kista terbentuk di bawah kulit. Penyebab jerawat kistik atau jerawat batu yakni adanya kombinasi bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap dalam pori-pori.

Tingkat keparahan dari jerawat kistik atau jerawat batu sendiri dipengaruhi oleh infeksi bakteri pada lapisan kulit yang paling atas.

Biasanya jenis jerawat ini terjadi pada seseorang yang memiliki kulit berminyak. Remaja dan orang dewasa dengan ketidakseimbangan hormon juga rentan mengalami jerawat kistik atau jerawat batu. 

Lantas apa yang menjadi penyebab jerawat kistik atau jerawat batu? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 5 penyebab jerawat kistik atau jerawat batu yang sebaiknya Anda ketahui.

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, Bisa Obati Jerawat dan Cerahkan Kulit

1. Terjadi Perubahan Hormon

Penyebab jerawat kistik atau jerawat batu yang pertama yakni perubahan hormon. Banyak orang yang masih menganggap bahwa jerawat muncul karena tidak menjaga kebersihan wajah. Padahal jerawat termasuk jerawat kistik dapat dipicu karena perubahan hormon.

Halaman:

Editor: Christine A

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X