Efek Dari Terlalu Banyak Minum Air Mineral

- Senin, 25 Oktober 2021 | 22:16 WIB
air mineral
air mineral

Kita semua tahu bahwa mengkonsumsi air mineral sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, setiap orang disarankan untuk minum 8 gelas air mineral dalam sehari atau sebanyak 2 liter air.

Banyak sekali manfaat baik bagi tubuh jika kita mencukupkan mengkonsumsi air mineral. Manfaat tersebut antara lain menurunkan risiko terkena penyakit ginjal kronis, menjaga berat badan agar tetap ideal, serta melancarkan pencernaan yang membuat tubuh terhindar dari kotoran.

Namun apakah kamu tahu bahwa terdapat efek samping yang disebabkan karena terlalu banyak minum air mineral? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Ingin Terus Minum Walau Sedang Tidak Haus
Ketika tubuh kekurangan cairan, otak akan memberikan sinyal yaitu rasa haus sehingga kamu akan meminum air mineral. Namun jika terlalu sering mengkonsumsi air putih, maka kamu juga akan selalu merasa semakin haus. Dilansir dari PR FM News, salah satu mekanisme yang dimiliki semua makhluk hidup adalah rasa haus yang menandakan bahwa tubuh membutuhkan air. Namun semakin banyak air yang masuk ke dalam tubuh, maka kamu juga bisa merasakan semakin haus.

Baca Juga: Jangan Menunggu Haus, Ini Saat yang Tepat untuk Minum

2. Terlalu Banyak Minum Air Mineral Sampai Urin Tidak Berwarna atau Jernih
Efek kedua adalah dengan minum banyak air mineral akan membuat warna urin menjadi jernih hingga kuning transparan. Terlalu banyak mengkonsumsi air mineral juga dapat berisiko menipisnya kadar garam dalam tubuh yang ditandai dengan warna urin yang tampak seperti air biasa.

3. Sering Buang Air Kecil, Terutama Saat Malam Hari
Selanjutnya yang akan kamu rasakan ketika minum terlalu banyak air mineral adalah sering pergi buang air kecil, terutama saat malam hari. Sebuah klinik Cleveland mengungkapkan bahwa pada umumnya orang akan buang air kecil sekitar enak sampai 8 kali. Jadi, kalau kamu buang air kecil lebih dari orang pada umumnya, kemungkinan besar tubuh terlalu banyak menerima asupan air mineral sehingga dibuang melalui buang air kecil.

4. Selalu Membawa Botol Air Kemanapun
Jika kamu selalu membawa botol air kemanapun dan akan mengisinya kembali ketika habis, menandakan bahwa tubuhmu siap untuk menerima asupan air secara terus menerus. Air yang masuk ke dalam tubuh akan membuat sel dalam tubuh menjadi membengkak akibat kadar natrium yang rendah dalam darah.

Itu tadi adalah 4 efek samping jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi air mineral. Pada dasarnya, air mineral sangat bermanfaat bagi tubuh, tetapi kamu juga harus mengkonsumsinya dalam batas yang wajar ya.

Baca Juga: Polisi Segel Gudang dan Pabrik Air Mineral SMS di Sumbar

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Prfmnews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB

5 Ciri Pensil Alis Kedaluwarsa, Jangan Gunakan Lagi

Kamis, 25 November 2021 | 23:09 WIB

Mengenal 3 Jenis Pensil Alis Gel, Catat Perbedaannya

Kamis, 25 November 2021 | 22:21 WIB

Simak Daftar Harga Paket Data Indosat November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 18:35 WIB
X