Inilah 5 Tips Saat Mengkonsumsi Air Minum Kemasan

- Senin, 25 Oktober 2021 | 22:32 WIB
air minum dalam kemasan
air minum dalam kemasan

Air minum yang dijual dalam bentuk kemasan memiliki isu bahwa terdapat mikroplastik di setiap botol minumnya. Isu tersebut tentunya membuat sebagian orang menjadi khawatir akan kesehatannya setelah mengkonsumsi air minum kemasan.

Dilansir dari Medcom.id, semua produk AMDK atau Air Minum Dalam Kemasan yang dipasarkan di Indonesia telah memiliki izin dari Badan POM dan LPPOM MUI mengenai kualitas dan kehalalannya. Dengan adanya isu tersebut, BPOM mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang ketika mengkonsumsi air minum kemasan.

Untuk lebih menjaga keamanan dan kesehatan diri sendiri dan orang sekitar, berikut ini terdapat 5 tips untuk mengkonsumsi air minum kemasan.

1. Perhatikan Informasi Mengenai Sumber Mata Air yang Diambil
Terdapat berbagai macam jenis air minum kemasan, mulai dari gelas, botol, sampai galon. Tapi, yang paling banyak dikonsumsi adalah air mineral botolan. Air mineral yang dengan kualitas yang baik pastinya berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang mengandung mineral alami. Selain sumber airnya, proses pengolahan dalam produksi air mineral juga perlu diperhatikan.

Baca Juga: Tingkatkan Kepatuhan, Perpamsi Sumbar Gelar Teknis Pajak BUMD Air Minum

2. Cek Standarisasi Saat Proses Produksi Sampai Distribusinya
Jangan lupa untuk memastikan produk air minum kemasan yang kamu konsumsi adalah produk air minum yang sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal oleh LPPOM MUI.

3. Cek Kondisi Kemasannya
Pastikan air yang ingin kamu konsumsi dalam kondisi baik, tidak bocor, masih tersegel dengan rapat, dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Kemasan yang rusak dapat menandakan bahwa produk tersebut sering terpapar suhu panas dalam jangka waktu cukup lama atau bahkan terpapar zat kimia berbahaya, sehingga kualitas air dan keamanannya tidak lagi terjamin.

4. Cek Warna, Rasa, dan Baunya
Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau, serta tidak memiliki rasa. Hindari mengkonsumsi air minum yang berwarna keruh atau berbau tidak sedap. Karena bisa jadi air tersebut sudah terkontaminasi kuman atau bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit.

Pilihlah produk dengan kemasan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan pastinya ramah lingkungan. Biasanya, air minum kemasan terbuat dari bahan plastik sekali pakai, artinya botol kemasan tidak boleh digunakan kembali meski kondisinya masih cukup baik.

5. Cek Tanggal Kadaluarsa
Sebelum membeli air minum kemasan, jangan lupa untuk cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan.

Air yang sudah terlalu lama dalam kemasan bisa saja sudah menurun kualitasnya sehingga membuatnya tidak layak untuk dikonsumsi. Jadi, hindari membeli air minum kemasan yang sudah mendekati atau melewati tanggal kadaluarsa.
Baca Juga: 3 Manfaat Penting Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Medcom.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB

5 Ciri Pensil Alis Kedaluwarsa, Jangan Gunakan Lagi

Kamis, 25 November 2021 | 23:09 WIB

Mengenal 3 Jenis Pensil Alis Gel, Catat Perbedaannya

Kamis, 25 November 2021 | 22:21 WIB

Simak Daftar Harga Paket Data Indosat November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 18:35 WIB
X