5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Minum Sambil Berdiri

- Senin, 25 Oktober 2021 | 23:06 WIB
minum air putih sambil berdiri
minum air putih sambil berdiri

Mengkonsumsi air mineral secara cukup tentunya akan bermanfaat dan menjaga kesehatan tubuh. Namun jika minum dilakukan sambil berdiri, ternyata terdapat dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja dampaknya?

Dilansir dari liputan6.com, inilah 5 dampak buruk minum air putih sambil berdiri.

1. Dapat Membuat Heartburn
Minum sambil berdiri juga bisa membuat heartburn. Ketika minum dalam keadaan berdiri, air akan mengalir dan menciprat pada area kerongkongan dengan cukup keras bila diminum sambil berdiri. Hal ini dapat menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

2. Saraf Menegang
Saat kamu minum dalam keadaan duduk, sistem parasimpatetik akan menjadi lebih rileks yang membuat saraf tidak akan tegang. Jadi, proses penyerapan minum">air minum dan pencernaan akan berjalan dengan lancar dan lebih baik. Hal ini tentunya berbeda jika kamu minum sambil berdiri karena menyebabkan saraf menjadi tegang.

Baca Juga: Sumber Air Minum Asia Terancam, Ekosistem Himalaya Sudah Tak Stabil

3. Gangguan Ginjal
Bahaya minum sambil berdiri lainnya adalah dapat membuat proses penyaringan yang merupakan fungsi ginjal menjadi tidak optimal atau terganggu. Kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang akan mengakibatkan gangguan pada saluran kandung kemih. Efek jangka panjangnya adalah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

4. Berisiko Terkena Artritis
Saat minum air sambil berdiri, keseimbangan cairan di dalam tubuh akan terganggu. Dengan terganggunya cairan dalam tubuh ini, maka akan terjadi penumpukan cairan di dalam sendi tubuh yang bisa menyebabkan artritis. Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai dengan rasa sakit, bengkak, kaku, hingga keterbatasan gerak.

5. Sistem Pencernaan Menjadi Terganggu

Jika kamu memiliki kebiasaan minum sambil berdiri, cobalah untuk hentikan kebiasaan tersebut. Karena dengan minum sambil berdiri akan mengganggu saluran pencernaan. Saat minum sambil berdiri, air akan mengalir melewati usus dan langsung jatuh ke dinding perut.

Air minum yang jatuh tersebut akan menciprat ke dinding perut sehingga mengakibatkan kerusakan pada sistem pencernaan dalam jangka yang cukup panjang, karena mempengaruhi sekaligus bisa merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

Sedangkan jika kamu minum dalam keadaan duduk akan membuat carian yang diminum bisa lebih cepat dicerna bersamaan dengan makanan lain karena otot dan sistem saraf dalam kondisi rileks.

Itu tadi adalah dampak buruk minum sambil berdiri. Mulai sekarang, biasakan untuk minum sambil duduk ya


Baca Juga: Bedah Rumah Ketiga Tuntas, Dirut Perumda Air Minum Kota Padang: Tahun Ini Ada Satu Lagi

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Liputan6

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB

5 Ciri Pensil Alis Kedaluwarsa, Jangan Gunakan Lagi

Kamis, 25 November 2021 | 23:09 WIB

Mengenal 3 Jenis Pensil Alis Gel, Catat Perbedaannya

Kamis, 25 November 2021 | 22:21 WIB

Simak Daftar Harga Paket Data Indosat November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 18:35 WIB
X