Penuh Makna, Inilah Referensi Dongeng Islami untuk Anak

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:54 WIB
Ilustrasi mendongeng
Ilustrasi mendongeng

Mendongeng yang dilakukan orang tua memiliki pesan penting bagi tumbuh kembang anak. Misalnya, mengembangkan kemampuan kognitif, verbal, dan kosakata anak, serta meningkatkan hubungan batiniah antara keduanya. Paparan positif dari cerita dongeng pun diklaim akan meresap hingga ke alam bawah sadarnya ketika si anak beranjak dewasa.

Pada dasarnya, manusia merupakan pencerita yang memiliki cara tersendiri dalam mengungkapkan sesuatu tapi tiap manusia harus memilah konten yang pas sesuai usia. Dongeng yang baik untuk anak adalah dongeng yang memuat konten ramah anak, dan jangan yang berbau pacaran apalagi kekerasan.

Berikut ini contoh dongeng Islami yang bisa dibacakan menjelang tidur:

Nabi Daud as. dan Ulat Merah

Nabi Daud alaihissalaam (as.) merupakan Nabi yang sangat taat kepada Allah Swt. Karena ketaatan Nabi Daud, beliau memperoleh keistimewaan berupa kepercayaan menyebarkan kitab Zabur.

Suatu hari, Nabi Daud as. sedang membaca kitab Zabur sambil duduk tenang dalam surau, lalu melihat seekor ulat merah. Beliau kemudian mengawasi ulat itu sambil berkata dalam hati.

“Apa yang Allah harapkan dari ulat kecil itu?”

Mengetahui batin Nabi Daud as., Allah Swt. pun mengizinkan ulat itu berkata layaknya manusia.

“Wahai nabi Allah! Allah Swt. telah mengilhamkan kepadaku untuk membaca tasbih, Subhanallahu walhamdulillah wala ilaha illallahu wallahu akbar setiap hari sebanyak 1.000 kali pada siang hari. Pada malam hari, Allah Swt. juga mengilhamkanku membaca Allahumma shalli `ala Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa `ala aalihii wa shahbihii wa sallim, sebanyak 1.000 kali pula.”

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X