Cara Merawat Kasur Busa Agar Tetap Nyaman Dipakai

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:57 WIB
kasur busa
kasur busa

Saat ini mungkin masih banyak orang yang menggunakan kasur busa untuk tempat beristirahat. Namun, kasur busa ini semakin lama ditinggalkan oleh kebanyakan orang karena faktor kenyamanan. Selain itu, kasur busa sangat rentan terhadap air dalam kurun waktu yang lama sehingga membuat tubuh menjadi gerah saat tidur.

Tetapi di sisi lain, kelebihan dari kasur busa yaitu harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kasur lainnya. Ini sebabnya, kasur busa sering digunakan di kos-kosan. Lalu, kasur busa juga tergolong ringan, mudah dibawa ke mana-mana, lembut, memiliki ukuran yang banyak, serta gampang dibersihkan.

Nah bagi kamu yang masih memiliki kasur busa dan ingin menjaganya agar bentuknya tetap sama dan nyaman saat digunakan, kamu bisa ikuti cara-cara di bawah ini.

1. Gunakan Sprei
Pertama, pastikan kasur busa yang kamu miliki dilapisi dengan kain sprei. Gunanya adalah agar kasur terhindar dari kotoran atau debu secara langsung, karena kotoran yang menempel di kasur secara langsung akan sangat sulit dibersihkan dan jika dipaksakan bisa robek. Tapi jangan lupa untuk mengganti sprei secara berkala minimal seminggu atau 2 minggu sekali ya.

2. Ganti atau Putar Posisi Kasur Secara Berkala
Salah satu kelemahan dari kasur busa adalah bahannya yang cepat mengempis pada bagian-bagian yang sering digunakan untuk tidur. Maka dari itu, kamu perlu memutar posisi kasur secara rutin seratus delapan puluh derajat secara berkala. Sehingga bagian kasur yang menahan beban dalam waktu lama, tidak ada bagian tertentu yang kempis. Cara memutarnya bisa dengan mengubah bagian bawah menjadi bagian atas atau kiri menjadi kanan.

Baca Juga: Kasur Antivirus, Jadi Solusi untuk Menginap di Hotel era Pandemi

3. Jangan Meletakkan Benda Berat di Kasur
Agar bentuk kasur tetap terjaga dan tidak ada bagian yang mengempis, jangan letakkan barang-barang berat di atas kasur seperti meja lipat, buku tebal, dan barang lainnya. Jadi di atas kasur hanya terdapat bantal, guling, dan selimut saja.

4. Jangan Menjemur Kasur di Bawah Sinar Matahari
Banyak orang yang beranggapan bahwa menjemur kasur di bawah sinar matahari akan membunuh kuman penyakit dan membuat kasur menjadi lebih empuk. Padahal pernyataan tersebut adalah salah. Kasur yang dijemur di bawah sinar matahari langsung akan menyebabkan bagian busa menjadi kempes dan membuat pori-pori kasur menjadi rusak sehingga membuat teksturnya menjadi kering dan keras. Jika kamu ingin menjemur kasur karena basah, jemurlah di tempat yang tertutup dan cukup diangin-anginkan saja.

5. Gunakan Dipan Kasur
Agar terhindar dari jamur, gunakanlah dipan yang seukuran dengan kasur. Karena jika kasur terkena permukaan lantai secara langsung akan lebih mudah lembab dan pertumbuhan jamur menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Kutu Kasur Bikin Jengkel? Ini 5 Cara Membasminya

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas! Ini Bahaya Jika Sering Kirim Foto Lewat HP

Rabu, 8 Desember 2021 | 02:05 WIB

Fitur Baru TikTok Ini Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:15 WIB

10 Penyebab Utama Kulit Kusam yang Wajib Anda Ketahui

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:13 WIB

9 Cara Mudah Atasi Wajah Kusam, Ampuh Cerahkan Kulit

Selasa, 7 Desember 2021 | 22:42 WIB

Mengenali Penyebab dan Resiko Terjadinya Kanker Mulut

Selasa, 7 Desember 2021 | 02:45 WIB

Kabar Duka! Anak Tino Karno Meninggal

Selasa, 7 Desember 2021 | 00:54 WIB

10 Ide Kado Bermakna dan Unik di Hari Natal 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 21:09 WIB
X